Connect with us

Ragam

HIPMI: Kenaikan Volume Impor Baja 2021, Harus Ada Kendali Pemerintah

Apalagi industri baja sebagai mother of industry perlu diperkuat industri baja nasional dengan menekan laju impor yang selama berapa tahun belakangan dilakukan secara brutal-brutalan, ini diperlukan

Pantausidang, Jakarta– Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Anggawira mengatakan kenaikan volume impor baja pada tahun 2021 dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 23 persen yang semula 3,9 juta ton pada tahun 2020 menjadi 4,8 juta ton di tahun 2021 harus ada perimbangan pengendalian dari pemerintah.

Dia menyayangkan impor baja yang kembali menunjukkan adanya tren peningkatan di saat industri baja dalam negeri sedang berupaya meningkatkan kinerjanya di saat pandemi Covid-19 belum usai.

Menurutnya ada beberapa hal yang mendorong terjadinya peningkatan impor ini, di antaranya adalah praktik unfair trade yaitu dengan melakukan dumping dan pengalihan pos tarif.

Dia menilai ada upaya-upaya dari importir yang selama ini mendapatkan keuntungan besar dari mekanisme impor yang tidak rela dengan berkembangnya industri baja nasional dan mencari kambing hitam.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Laman: 1 2 3

Facebook

Advertisement

Tag

Trending

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Hello 👋
Ada yang bisa saya bantu?
Pantausidang.com