Connect with us

Ragam

Satyanegara Dorong Peningkatan Kualitas Dokter dengan Aplikasi Zoom

Hal ini (zoom/video conference) juga membantu pasien, dokter. Zaman kami, (ahli bedah saraf) yang sudah tua, belum ada budaya zoom meeting

Prof. DR. Dr. Satyanegara, Sp. BS sedang membubuhkan tanda tangan pada Buku Ilmu Bedah Saraf edisi VI di ruang praktiknya di Rumah Sakit, di Sunter Jakarta Utara

Pantausidang, Jakarta – Profesor. DR. Dr. Satyanegara, Sp. BS melihat kemajuan sarana teknologi informasi melalui aplikasi zoom (video conference) efektif dan efisien menunjang kegiatan studi para peserta program dokter spesialis/pendidikan bedah saraf.

Sehingga sektor kesehatan di Indonesia khususnya tindakan pembedahan terhadap pasien dengan gangguan sistem saraf bisa terus meningkat.

“Covid juga blessing in disguise (berkah terselubung). Budaya zoom terbentuk, sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas perkuliahan (belajar mengajar) peserta program ahli bedah saraf.

“Aplikasi zoom meeting ternyata digunakan maksimal peserta pendidikan spesialis bedah saraf,” Satyanegara (Oey Kim Sing) mengatakan kepada Redaksi

Menurutnya, peningkatan pelayanan dokter spesialis bedah saraf masih terkendala dengan rasio per 1000 (seribu penduduk) di Indonesia.

Dia menjelaskan, Idealnya setiap 1000 penduduk harus dibarengi dengan satu ahli bedah saraf. Apalagi kondisi di daerah 3T atau daerah yang tertinggal, terdepan, dan terluar, rasio ahli bedah saraf masih sangat kecil.

“(jumlah ahli bedah saraf) masih kurang terutama untuk di daerah terpencil, terluar, tertinggal. Kalau (fakultas kedokteran) UGM Yogyakarta, sering ahli bedah saraf (dikirim) ke luar kota, daerah terpencil untuk kegiatan operasi.”


“Kondisi ini, harus dibarengi tujuh universitas lainnya yang setiap tahun melahirkan (meluluskan) dokter spesialis bedah saraf,” kata Satyanegara saat ditemui di Rumah Sakit di bilangan Sunter, Jakarta Utara.

Dia menambahkan, dengan aplikasi zoom atau video conference untuk kegiatan belajar mengajar, para peserta bisa saling interaktif, diskusi. Kegiatan pengajaran/belajar bisa intens diskusi mendalami ilmu bedah saraf.

Melalui zoom, dokter (peserta pendidikan) tidak perlu harus ke Luar Negeri. Banyak yang bisa dilakukan oleh dokter-dokter muda, ahli bedah saraf yang masih muda.

“Hasilnya bagus, online maupun offline (tatap muka). Kalau sistem offline, pembimbing langsung mengawasi di samping peserta (program pendidikan spesialis bedah saraf).

“Kalau offline, (hasilnya) memang lebih mantap, lebih sempurna. Tapi minimal, ada pengalaman di dalam negeri (di Indonesia), dokter bisa langsung konsultasi dengan mudah melalui zoom dengan para ahli (bedah saraf) di luar negeri.”

Hal ini (zoom/video conference) juga membantu pasien, dokter. Zaman kami, (ahli bedah saraf) yang sudah tua, belum ada budaya zoom meeting,” kata Satyanegara yang sudah menerbitkan Buku Ilmu Bedah Saraf edisi VI

Semakin intens mengikuti pembelajaran, teknik-teknik dokter muda tentunya semakin meningkat. Mutu/kualitas para dokter/ahli bedah saraf yang baru selesai studi akan sangat melesat.

Keterampilan dan keahlian dalam mendiagnosis dan melakukan tindakan pembedahan terhadap pasien dengan gangguan sistem saraf bisa semakin meningkat.

“Selain, dokter (peserta program studi spesialis bedah saraf) harus sering melakukan workshop, simposium, dan lain sebagainya. Melalui sistem pendidikan dalam dan luar negeri, budaya zoom (video conference) bisa mendorong ahli bedah saraf yang junior,” kata Satyanegara.

Setelah menyelesaikan studi program spesialis bedah saraf, dokter muda masih harus melanjutkan kerja. Biasanya 1-2 tahun bekerja, ia baru bisa diterima menjadi dokter spesialis bedah saraf di Indonesia.

Laman: 1 2

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Bertemu Ketua RW se Jakbar, Kapolda pesan Pertahankan Budaya Lokal

Pantausidang, Jakarta – Kepolisian Daerah (Polda) Metro bersama dengan Polres Jakarta Barat menggelar pertemuan dengan para ketua rukun warga (RW) se-Jakarta Barat.

Acara yang bertajuk ‘Guyub Ketua Rukun Warga Se-Jakarta Barat’ tersebut berlangsung di Grand Ballroom Hao Di Fang Season City, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (4/2/2023).

Kapolda metro jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan RW sangat berperan penting untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang ada.

Continue Reading

Ragam

Lembur Tak Dibayar, Pemerintah Turun Tangan

Haiyani menjelaskan, dari hasil pemeriksaan juga didapati adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur yang terjadi sejak September 2022

Pantausidang, Jakarta —Pemerintah melalui Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Jawa Tengah, Mediator Hubungan Industrial Disnaker Grobogan, dan Polres Grobogan memeriksa PT SAI Apparel Idustries di Grobogan, Jawa Tengah, terkait video viral pekerja yang tidak dibayar gaji lemburnya. Pemeriksaan dilakukan pada Jumat (3/2/2023).

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan Haiyani Rumondang mengatakan, hasil pemeriksaan Tim di lapangan benar terjadi ada adu mulut antara pekerja a.n Erma dengan TKA asal India a.n Shanji.

“Pihak TKA telah meminta maaf dan selanjuntnya akan dipanggil Polres Grobogan. Sementara pekerja menyatakan akan menghormati peraturan perusahaan yang berlaku,” kata Haiyani melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Sabtu (4/3/2023).

Haiyani menjelaskan, dari hasil pemeriksaan juga didapati adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur yang terjadi sejak September 2022.


Continue Reading

Ragam

Kapoldasu : Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat Merupakan Kewajiban.l

Pantausidang, Medan – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara, Irjen Pol Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak menyebutkan, memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat, merupakan kewajiban.

Kapoldasu mengatakan hal itu saat memberi sambutan pada acara penganugerahan hasil survei kepatuhan pelayanan publik di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara,di Medan Kamis (2/2).

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei kepatuhan Ombudsman RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara, 19 Polres di bawah kepemimpinan Irjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak sebagai Kapolda Sumut meraih zona hijau.

“Kita harus mau. Anda tidak tahu bahwa ini adalah kewajiban kita untuk memberi pelayanan publik kepada masyarakat,” ujarnya dihadapan para kapolres di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Jalan Sei Besitang Nomor 3 Medan .


Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

676,416,246
Kasus
6,773,425
Meninggal Dunia
648,934,127
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,731,304
  • Meninggal Dunia: 160,838
  • Sembuh: 6,566,404