Connect with us

Ragam

Simon Sutjipto, Panggilan Perbaiki Wihara Klenteng

Kami nggak berani ambil satu keputusan tanpa izin, persetujuan dari pengurus Wihara,” Simon mengatakan kepada Redaksi

Pantausidang, JakartaSimon Sutjipto (Zhou Shin Pheng) tidak ujug-ujug (serta-merta) mengeluarkan biaya ataupun menggalang dana dari teman-teman pengusaha untuk memperbaiki beberapa Wihara atau Klenteng yang memang kondisinya sudah kritis.

Ia juga mengaku tidak nyelonong, tapi minta izin terlebih dahulu dengan pengurus Wihara/Klenteng tersebut.

Sampai saat ini, ia sudah memperbaiki sekitar 8 Wihara, termasuk empat di Pontianak, dua di Serang Banten (Wihara Tridharma Sutra) dan dua di Jakarta.

“Sebelum renovasi, memperbaiki Wihara, harus ‘Ciam Si’ (tradisi ramalan China kuno).”

“Kami nggak berani ambil satu keputusan tanpa izin, persetujuan dari pengurus Wihara,” Simon mengatakan kepada Redaksi.

Dengan izin, pengurus Wihara juga akan tahu apa maksud, tujuan dan motivasi pekerjaan sosial merenovasi.

Salah satunya Wihara Sapta Ronggo di Jl. Petojo VIJ Cideng Jakarta Pusat.

simon-sutjipto

Simon Sutjipto (kiri)


Sebagaimana, pengurus Wihara tersebut memeluk agama Islam. Sehingga ia merasa harus basa-basi untuk menawarkan jasa baik, merenovasi Sapta Ronggo.

Kondisinya memang sudah kritis, karena atapnya sering bocor saat musim hujan seperti sekarang ini.

“Kami melakukan perbuatan baik untuk banyak orang. Ini juga bukan ujug-ujug. Karena satu hari, saya sedang jalan-jalan melihat suasana luar seputar komplek Roxy Mas (sentra ponsel).”

“Tapi seperti ada ‘panggilan’ dan mengarahkan saya ke Wihara tersebut. Sehingga, besoknya saya datang lagi untuk minta izin.”

wihara-sapta-ronggo

Wihara Sapta Ronggo, Jl. Petojo VIJ Cideng Jakarta Pusat


“Saya bicara dengan ketua pengurus melalui sambungan telepon, dan dia langsung mengizinkan,” kata laki-laki kelahiran Pontianak, 64 tahun yang lalu.

Pengalaman yang hampir sama, yakni ketika sedang jalan-jalan di seputar Ancol.

Karena sempat ‘terkurung’ selama pandemi covid-19 mendera, ia sempat merasa jenuh dan bosan.

Aktivitas dan ruang gerak sempat menjadi kagok karena penerapan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) covid.

Wihara-dipontianak

Salah satu klenteng di Pontianak, Kalimantan Barat yang direnovasi

“Saya tergerak dan terpanggil untuk renovasi Wihara Bahtera Bhakti di Ancol. Disitu ada makam Embah Said yang keramat,” kata pengusaha properti ini.

Menantu Said yaitu Sampo Soei Soe konon merupakan muslim asal Tiongkok yang bekerja sebagai juru masak Laksamana Cheng Ho.

Ia menikah dengan anak Said, Siti Wati. Karena menantunya (Said) dari China yang falsafah hidupnya sangat menghormati leluhur.

“Ada pengurus (Wihara Bahtera Bhakti) yang bisa menjelaskan asal usul, sejarahnya.”

“Ada satu aliran sungai, dan masih ada kuburan. (penunggunya) dulu bekerja sebagai juru masak Sam Po Kong”

“(gua tiga orang sakti; bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He/Cheng Ho). Ini benar-benar terjadi,” kata Simon Sutjipto. *** Liu

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Mangkir, KPK panggil Ulang Karim Abidin Eks Kabag Keuangan Benou Taka

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.
Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi

Pantausidang, Jakarta – Tim penyidik komisi pemberantasan korupsi (KPK) terpaksa memanggil ulang dua saksi pejabat daerah terkait pengembangan kasus dugaan korupsi dana penyertaan modal Perumda Penajem Paser Utara pada 2019 -2021, Selasa (6/12/2022).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada keterangan tertulis yang diterima pantausidang.com mengatakan, sedianya dua saksi diperiksa pada senen (5/12/2022).

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.

“ Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi, dan segera kami akan panggil ulang,” ujarnya.

Diberitakan, kasus diduga bermula ketika Pemkab Penajam Paser Utara mengagendakan beberapa proyek Di Dinas PUTR dan Dispora tahun 2021 lalu.

Proyek tersebut diantaranya, proyek multiyears peningkatan jalan Sotek – Bukit Subur dan pembangunan gedung perpustakaan dengan total kontraj mencapai Rp.112 miliar.

Diduga atas proyek tersebut Bupati Abdul Gafur Mas’ud memerintahkan PLT Setda Muliadi, agar para kontraktor memberi uang pelicin melaui para kepala dinas tersebut.


Disebutkan uang uang tersebut diantaranya dikumpulkan di rekening bendahara umum DPC Demokrat Nur Afifah Balqis.*** Red (Laporan Syrudatin).

Continue Reading

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”


Continue Reading

Ragam

Kota Medan Siap Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2023

Pantausidang, Medan – Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diselenggarakan pada tanggal 9 Februari, didasari dengan lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, dan telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pers Indonesia sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Untuk Peringatan HPN tahun 2023 mendatang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN adalah kota Medan.

Ketua HPN, H Mirza Zulhadi mengatakan bahwa penyelenggaraan HPN di kota Medan mendatang, tetap mengagendakan beberapa program seperti seminar pers.

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,790,976
Kasus
6,649,180
Meninggal Dunia
627,514,968
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450