Connect with us

Daerah

Warga Kurang Mampu Jangan Hanya meratapi Nasib.

Semuanya warga Tionghoa di gang sempit tersebut sudah menetap sejak hampir seratus tahun yang lalu. Kayu papan sudah reyot (hampir mau patah)

Survey kelayakan pemberian bantuan kepada seorang warga keturunan yang hidup di gubuknya, di jalan Hijau Cemara (antara Jl. Keadilan Raya – Gang Cemara) Glodok, Taman Sari.

Pantausidang, Jakarta – Saat survey kelayakan pemberian bantuan kepada seorang warga keturunan yang hidup di gubuknya, di jalan Hijau Cemara (antara Jl. Keadilan Raya – Gang Cemara) Glodok, Taman Sari, ibu Eka (Tan Yen Fung) merasa perlu untuk menyemangati Tjan Wi Tjan (62) untuk mengangkat harkat hidupnya.

Bantuan dari teman-teman juga harus dibarengi dengan upaya mendorong hidup Tjan Wi Tjan.

“Kalau hanya menerima nasib, (hidupnya) tidak bisa berubah. Sehingga perlu mendorong (Wi Tjan) untuk berubah, jangan meratapi anggota keluarganya yang sudah meninggal, termasuk Ibu dan kakaknya,” Tan Yen Fung mengatakan kepada Redaksi.

Saat menyusuri jalan sempit, tidak rata dan gelap gulita pada malam hari, dari Jalan (Jl) Keadilan Raya menuju ke Gang Cemara atau sebaliknya, rumah Wi Tjan menyempil. Ada empat keluarga termasuk ketua RT, ibu Wati dan keluarganya di gang sempit tersebut.

Semuanya warga Tionghoa di gang sempit tersebut sudah menetap sejak hampir seratus tahun yang lalu. Kayu papan sudah reyot (hampir mau patah), sehingga kalau mau masuk rumah, harus melompat. Kalau tidak (melompat), bisa terjeblos.

“Saya mau bantu, (uangnya) dari kocek pribadi. Tapi bantuan untuk renovasi rumahnya, kondisi (rumahnya) saja berantakan. Baju-baju, ember, barang pecah belah dan lain sebagainya berantakan. Bahkan ada juga titipan tetangganya.



Bantuan renovasi rumahnya agar Wi Tjan bisa hidup layak. Misalkan lantai tanah liat (lempung) bisa diperbaiki menjadi lantai ubin, daun pintu, jendela diperbaiki sehingga (kondisinya) seperti rumah baru juga, tidak perlu izin-izin. Wi Tjan dibantu bukan karena orang Chinese, tidak!. Saya bantu mereka yang layak, lintas suku, agama, politiknya,” kata Tan Yen Fung.

Ketika ia masuk ke rumahnya, ada kayu papan yang menutupi selokan pas depan rumahnya. Sementara satu titik lampu dari aliran listrik rumah tetangga. Dulunya ia tinggal bersama Ibu kandung dan kedua kakaknya. Tapi semuanya sudah meninggal, bahkan salah satu kakaknya meninggal pada tahun 1987, ketika berusia sekitar 30 tahun.

Laman: 1 2

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Daerah

KPK Diminta Sering Pantau Pemprov Sumatera Utara

Pantausidang, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menandatangani komitmen anti korupsi bersama enam kepala daerah yang termasuk ke dalam wilayah I Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI). Yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Bengkulu.

Komitmen tersebut berisikan antara lain pertama, memimpin perubahan dan memberikan pelayanan publik sebaik-baiknya dan sehormat-hormatnya kepada seluruh masyarakat dalam terang integritas dan tanpa suap, gratifikasi yang dianggap suap, pemerasan dan pungutan liar.

Kedua, mendukung sepenuhnya peran serta masyarakat dalam mengawal dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan dengan tersedianya saluran dan mekanisme pengaduan masyarakat termasuk saluran pengaduan secara anonim.

Continue Reading

Daerah

Gerakan Sedekah Nonstop sediakan Makan Siang Gratis Setiap Jumat dan Sabtu

Mulai minggu ini, kita siapkan satu tempat agar saudara-saudara kita tidak lagi menunggu-nunggu dan mencari tahu dimana Gerakan Sedekah Nonstop

Pantausidang, Medan – Pengurus Gerakan Sedekah Nonstop membuka warung makan siang gratis kepada kaum duafa dan warga kurang mampu.

Warung tersebut dibuka di dua tempat terpisah masing-masing di Jalan Mustafa, Medan Timur dan Jalan Sempurna, Medan Kota. Kedua warung itu membuka makan gratis setiap hari Jumat dan Sabtu.

Inisiator Gerakan Sedekah Nonstop, Zulkifli mengatakan selama ini Gerakan Sedekah Nonstop membagi-bagi nasi sedekah secara sporadis, keliling Medan.

Continue Reading

Daerah

Polda Sumut Ingatkan untuk tidak lindungi Bandar Narkoba

Hadi mengungkapkan, Polda Sumut beserta jajaran terus meningkatkan upaya pemberantasan tindak pidana peredaran narkoba di Sumatera Utara

Pantausidang, Medan – Polda Sumatera Utara menegaskan, jangan mencoba-coba untuk membela bandar narkoba yang keberadaanya sangat meresahkan masyarakat.

Penegasan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, Selasa (15/11).

Hadi mengungkapkan, Polda Sumut beserta jajaran terus meningkatkan upaya pemberantasan tindak pidana peredaran narkoba di Sumatera Utara.

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

676,083,074
Kasus
6,770,364
Meninggal Dunia
648,389,084
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,730,778
  • Meninggal Dunia: 160,826
  • Sembuh: 6,565,684