Connect with us

Daerah

Museum Peranakan Tionghoa berkenan terima literatur ex UDN untuk koleksi pustaka

Tidak banyak terkoleksi. Tapi museum ini jangan dianggap, (koleksinya) banyak koran mandarin. Koleksi pustaka di Museum lebih banyak bertuliskan bahasa Melayu

Pantausidang, Jakarta – Pemilik Museum Pustaka Peranakan Tionghoa, Azmi Abubakar mengaku senang dengan antusiasme masyarakat untuk urun rembuk penambahan koleksi termasuk pustaka, literature dan lain sebagainya.

“Kami focus mengumpulkan pustaka, pustaka kan literature. Isinya museum, segala hal tercetak, baik buku, majalah, dokumen, ada juga foto-foto,” Azmi Abubakar mengatakan kepada Redaksi.

Beberapa hari ini, mantan karyawan koran berbahasa mandarin, The Universal Daily News/UDN atau Sejie Ribao yang pernah terbit dan beredar di Indonesia sempat temui Azmi Abubakar.

UDN terbit sekitar tujuh tahun, 2001 – 2007. Tetapi karena satu dan lain hal, akhirnya investornya asal Taiwan menutup operasional.

Kendatipun demikian, beberapa mantan karyawannya masih tetap menjalin hubungan persahabatan serta komunikasi.

Mantan karyawan tersebut sudah mengumpulkan literatur ex koran mandarin UDN serta narasinya.

Menurut Azmi, koleksi pustaka dan literature koran berbahasa mandarin yang terbit tahun 1960 an, hampir tidak ada.

“Tidak banyak terkoleksi. Tapi museum kami jangan dianggap, (koleksinya) banyak koran mandarin. Koleksi pustaka di Museum lebih banyak bertuliskan bahasa Melayu,” tegas Azmi Abubakar.

Tionghoa di Indonesia sebetulnya yang memelopori, merintis pustaka berbahasa Melayu. Bahkan buku-buku cerita silat lama juga berbahasa Melayu. Peranakan Tionghoa di Indonesia relative sedikit yang bisa berbahasa mandarin.

“Tapi saya tertarik dengan upaya mencari serta mengumpulkan hardcopy koran UDN yang lama. Saya juga mau tahu (mantan karyawan) bisa dapat dari mana,” kata Azmi Abubakar.


Sementara itu, karyawan UDN meyakini bahwa tahun 2001 merupakan tonggak sejarah industri media massa (berbahasa mandarin) di Indonesia.

Karena tahun tersebut, UDN terbit dan beredar menyasar orang-orang Tionghoa dan expatriate yang bisa berbahasa mandarin.

Kondisi eforia juga, karena Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (presiden ke 4 Republik Indonesia; 1999 – 2001) mencabut Inpres Nomor 14 Tahun 1967 yang dulunya membatasi perkembangan agama, kepercayaan dan adat istiadat Cina termasuk media berbahasa mandarin.

Dengan demikian, UDN merupakan salah satu artefak sejarah yang kiranya bisa untuk menambah koleksi, khususnya literatur Museum Peranakan Tionghoa.

“Sehingga saya masih sangat antusias dan berharap dari teman-teman agar bisa menyumbang ‘sisa-sisa’ peninggalan UDN.

Mungkin, dari berbagai artefak UDN, saya bisa mengelola sedemikian rupa, sehingga bermanfaat utk masyarakat Indonesia, termasuk komunitas Tionghoa,” kata mantan karyawan tersebut.*** Liu

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Daerah

KPK Diminta Sering Pantau Pemprov Sumatera Utara

Pantausidang, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menandatangani komitmen anti korupsi bersama enam kepala daerah yang termasuk ke dalam wilayah I Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI). Yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Bengkulu.

Komitmen tersebut berisikan antara lain pertama, memimpin perubahan dan memberikan pelayanan publik sebaik-baiknya dan sehormat-hormatnya kepada seluruh masyarakat dalam terang integritas dan tanpa suap, gratifikasi yang dianggap suap, pemerasan dan pungutan liar.

Kedua, mendukung sepenuhnya peran serta masyarakat dalam mengawal dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan dengan tersedianya saluran dan mekanisme pengaduan masyarakat termasuk saluran pengaduan secara anonim.

Continue Reading

Daerah

Gerakan Sedekah Nonstop sediakan Makan Siang Gratis Setiap Jumat dan Sabtu

Mulai minggu ini, kita siapkan satu tempat agar saudara-saudara kita tidak lagi menunggu-nunggu dan mencari tahu dimana Gerakan Sedekah Nonstop

Pantausidang, Medan – Pengurus Gerakan Sedekah Nonstop membuka warung makan siang gratis kepada kaum duafa dan warga kurang mampu.

Warung tersebut dibuka di dua tempat terpisah masing-masing di Jalan Mustafa, Medan Timur dan Jalan Sempurna, Medan Kota. Kedua warung itu membuka makan gratis setiap hari Jumat dan Sabtu.

Inisiator Gerakan Sedekah Nonstop, Zulkifli mengatakan selama ini Gerakan Sedekah Nonstop membagi-bagi nasi sedekah secara sporadis, keliling Medan.

Continue Reading

Daerah

Polda Sumut Ingatkan untuk tidak lindungi Bandar Narkoba

Hadi mengungkapkan, Polda Sumut beserta jajaran terus meningkatkan upaya pemberantasan tindak pidana peredaran narkoba di Sumatera Utara

Pantausidang, Medan – Polda Sumatera Utara menegaskan, jangan mencoba-coba untuk membela bandar narkoba yang keberadaanya sangat meresahkan masyarakat.

Penegasan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, Selasa (15/11).

Hadi mengungkapkan, Polda Sumut beserta jajaran terus meningkatkan upaya pemberantasan tindak pidana peredaran narkoba di Sumatera Utara.

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

676,083,074
Kasus
6,770,364
Meninggal Dunia
648,389,084
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,730,778
  • Meninggal Dunia: 160,826
  • Sembuh: 6,565,684