Connect with us

Ragam

Kwarda Pramuka Sumut Bantah Berita Viral Joget Dugem

Kabid Humas Kwardasu Elyuzar Siregar mengatakan Judul berita tersebut mencemarkan nama baik Kwarda Gerakan Pramuka yang menuding anggota Pramuka joget dugem

Pantausidang, Medan – Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumatera Utara membantah berita viral soal ribuan anggota Pramuka joget ala dugem di Jambore Sumut, tayangan , Kamis 21 Juli 2022.

Kepala Bidang Humas dan Informasi Kwardasu Elyuzar Siregar mengatakan Judul berita tersebut telah mencemarkan nama baik Kwarda Gerakan Pramuka dan Gerakan Pramuka secara umum yang menuding anggota Pramuka melakukan joget dugem.

Menurutnya Kalimat dugem adalah singkatan dari “Dunia Gemerlap” yang identik dengan narkoba, wanita penghibur dan narkoba serta minuman beralkohol.

“Wartawan sangat naïf menuding kegiatan itu keluar dari rambu-rambu kepramukaan tanpa konfirmasi kepada Kwarda Sumut,” ujar Elyuzar yang didampingi Kepala Pusat Informasi ,Sugiatmo kepada,sejumlah awak media di Medan. (22/7).

“Malam itu bukalah malam kemah Mabi, tetapi kemah Jambore Daerah. Karena kemah Mabi sudah ditutup dua hari sebelumnya. Sehingga kegiatan Mabi turut tercemar,” katanya.

Menurut Elyuzar , Isi berita adalah opini wartawan yang tidak objektif, karena wartawan Tribunsumut. Net, tidak berada di lokasi perkemahan.

Begitu juga nara sumber berita tidak objektif ( H Muchlis Mukhtar) karena diambil dari mantan pengurus Kwardasu yang juga tidak berada di lokasi perkemahan sehingga tidak memahami fakta sebenarnya.

Dia menjelaskan, rekaman joget peserta Jambore terjadi setelah acara api unggun selesai dilanjutkan dengan penampilan budaya dari masing-masing kwarcab.

Kemudian diakhir dua kegiatan itu panitia pentas budaya memutar musik remik yang tujuannya adalah menghibur peserta yang sudah hampir sepekan mengikuti kegiatan.

“ Irama musik remik itupun disambut sepontanitas dengan berjoget ria mengikuti irama musik, namun masih dalam batas kewajaran dan dalam kendali panitia,” ujarnya.

Kabidhumas menanyakan Apakah ungkapan rasa gembira dengan berjoget itu dilarang ? Euforia kegembiraan itu hanya berlangsung 30 menit dan tepat pukul 23.30 Wib seluruh kegiatan dihentikan.

“Bahwa Kegiatan musik itu benar adanya tapi tidak demikian adanya.Wartawan yang bersangkutan tidak ada melakukan konfirmasi baik kepada panitia penyelenggara maupun pengurus Kwardasu,” pungkas Elyuzar dan Sugiatmo. *** Diurnawan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Tena Medan Bakal Tampil di Pentas Seni Budaya Etnis Indonesia, Waduk Jatiluhur Jabar

Pantausidang, Jatiluhur – Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap jetski yang bertajuk Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia 2023. Event ini akan berlangsung pada 9-12 Maret 2023 di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Sanggar Teater Nasional ( Tena) Medan pimpinan Baharuddin Saputra mendapat kehormatan dari PT.Big Brother dipercaya untuk menampilkan Pergelaran tari Etnik Nusantara dari Aceh- Papua pada acara pbukaan dan penutupan event tersebut.


Direktur Utama PT Big Brother Indonesia, Ivan Karen Andrian mengatakan, gelaran kejuaraan dunia jetski ini akan menjadi yang pertama kalinya di Indonesia sejak didirikan pada tahun 1992.

“Kejuaraan ini akan menjadi yang pertama kalinya di Indonesia. Selain itu, kami juga sudah kontrak lima tahun dengan Union Internationale Motonautique (UIM) selaku yang membuat kejuaraan tersebut,” ujar Ivan kepada wartawan di Istora, Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (5/12/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, kejuaraan ini nantinya akan diikuti oleh 25 tim balap jetski dengan kualifikasi dari 100 negara.

“Jadi sekitar 100 negara akan mengikuti kualifikasi untuk bisa ikut ke kejuaraan dunia ini. Nanti yang berhasil lolos hanya 25 tim saja,” ucapnya.

Ivan membenarkan pihaknya telah meminta Sanggar TENA Medan untuk tampil di pentas Seni Budaya pada ajang bergengsi itu.

” Bapak Wali kota Medan Bobby Nasution melalui Kadis Kebudayaan Medan OK Zulfi telah mengeluarkan Rekomendasi kepada sanggar Teater tertua di Medan itu untuk tampil pada pentas Seni Budaya membawa nama baik Medan, Sumut dan Indonesia” Ujar Ivan yang langsung singgah di Sanggar,Tena Medan akhir Oktober yang lalu.

Terpisah Ketua Tena Medan Baharuddin Saputra membenarkan pihaknya mendapat kehormatan untuk tampil pada acara pentas seni budaya pembukaan dan penutupan, , bahkan pihak Big Brother meminta Tena Medan mengisi pentas seni setiap malamnya selama kegiatan berlangsung 9 – 12 Februari 2023.

” Insha Allah kami akan menampilkan hiburan yang terbaik membawa nama Medan, Sumut dan Indonesia. sejumlah Artis pendukung penari dan pemusik etnik profesional kota Medan sudah kita persiapkan untuk tampil berkolaborasi”, ujar Bahar yang juga Ketua Dewan Kesenian Sumatera Utara ( DKSU).*** Diurnawan.

Continue Reading

Ragam

Mangkir, KPK panggil Ulang Karim Abidin Eks Kabag Keuangan Benou Taka

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.
Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi

Pantausidang, Jakarta – Tim penyidik komisi pemberantasan korupsi (KPK) terpaksa memanggil ulang dua saksi pejabat daerah terkait pengembangan kasus dugaan korupsi dana penyertaan modal Perumda Penajem Paser Utara pada 2019 -2021, Selasa (6/12/2022).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada keterangan tertulis yang diterima pantausidang.com mengatakan, sedianya dua saksi diperiksa pada senen (5/12/2022).

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.

“ Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi, dan segera kami akan panggil ulang,” ujarnya.

Diberitakan, kasus diduga bermula ketika Pemkab Penajam Paser Utara mengagendakan beberapa proyek Di Dinas PUTR dan Dispora tahun 2021 lalu.

Proyek tersebut diantaranya, proyek multiyears peningkatan jalan Sotek – Bukit Subur dan pembangunan gedung perpustakaan dengan total kontraj mencapai Rp.112 miliar.

Diduga atas proyek tersebut Bupati Abdul Gafur Mas’ud memerintahkan PLT Setda Muliadi, agar para kontraktor memberi uang pelicin melaui para kepala dinas tersebut.


Disebutkan uang uang tersebut diantaranya dikumpulkan di rekening bendahara umum DPC Demokrat Nur Afifah Balqis.*** Red (Laporan Syrudatin).

Continue Reading

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”


Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,795,074
Kasus
6,649,182
Meninggal Dunia
627,514,971
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450