Connect with us

Ragam

Erick Thohir: Program Bersih-bersih BUMN Bukan Menangkap Tapi Perbaikan Sistem

Pantausidang, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungkapkan bahwa Program Bersih-bersih BUMN bukanlah bertujuan hanya untuk menangkap koruptor saja tetapi tujuan yang paling penting adalah untuk memperbaiki sistem perusahaan-perusahaan BUMN.

Hal itu disampaikan oleh Erick Thohir dalam konferensi pers di Depan Gedung Kartika Kejaksaan Agung RI sebagai tamu undangan.

“Program bersih-bersih BUMN telah disampaikan tadi oleh Pak Jaksa Agung. Ini bukan program seperti istilah kita hanya ingin menangkap. “

“Tetapi yang terpenting bagaimana program ini, kita memperbaiki sistem yang ada di perusahaan-perusahaan BUMN dan turunannya,” ucap Erick Thohir kepada wartawan yang diikuti Pantausidang.com, Senin, (27/6/2022).

Menurut Menteri BUMN, korupsi hampir setiap tahun terus terjadi namun solusi untuk mengurangi itu adalah dengan memperbaiki sistem yang lebih baik.

“Karena kita tahu kalau kita bicara korupsi pasti setiap tahun terjadi. Tetapi kan yang penting bagaimana kita meminimalis kasus-kasus korupsi itu dengan sistem yang diperbaiki sehingga bisa berjalan kontinyu jangka panjang,” ujarnya.

“Dan program ini juga bukan program penangkapan tetapi program ini bisa menyelamatkan, merestrukturisasi dan sebuah solusi yang baik untuk kita semua,” sambung dia.

Erick bersyukur, dengan usaha perbaikan yang terus menerus BUMN akan menjadi lebih baik dan mengurangi kasus-kasus korupsi pada perusahaan BUMN.


“Alhamdulillah, ketika kita mendorong perbaikan yang ada di Jiwasraya sejak tahun 2006 tidak pernah diselesaikan, (namun) dengan dorongan dari Bapak Presiden langsung, dengan kerjasama dari Kejaksaan Agung, dan BPKP sejak awal, kita bisa membuktikan sekarang perbaikan jiwasraya sudah hampir menyeluruh. Belum sempurna tapi sudah dalam keadaan baik, begitupun Asabri,” tuturnya.

Erick menambahkan, hal terbaru adalah korupsi di PT Garuda Indonesia yang proses hukumnya sedang berjalan tetapi proses restrukturisasinya juga terjadi.

“Kemarin bagaimana ada confident voting (PKPU) yang targetnya hanya 61 persen, tetapi karena ini sangat transparan dan profesional, votingnya sampai mencapai 97 persen,” tambahnya.

Selain itu, menurutnya hari ini Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) memutuskan program Restrukturisasi untuk menyelamatkan PT Garuda Indonesia bisa dijalankan.

“Karena ini flight Carrier Tetapi jangan terjadi lagi pengadaan pesawat tanpa proses bisnis yang baik. Proses bisnis yang baik harus menjadi landasan di perusahaan-perusahaan BUMN,” pungkasnya.*** Muhammad Shiddiq

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”


Continue Reading

Ragam

Kota Medan Siap Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2023

Pantausidang, Medan – Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diselenggarakan pada tanggal 9 Februari, didasari dengan lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, dan telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pers Indonesia sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Untuk Peringatan HPN tahun 2023 mendatang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN adalah kota Medan.

Ketua HPN, H Mirza Zulhadi mengatakan bahwa penyelenggaraan HPN di kota Medan mendatang, tetap mengagendakan beberapa program seperti seminar pers.

Continue Reading

Ragam

Polda Sumut Ungkap Penyelewengan BBM Ilegal di Perairan Belawan

Pantausidang, Medan – Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara berhasil mengungkap dugaan penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Perairan Laut Belawan, Senin (05/12/2022).

Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Hadi Wahyudi, S.H., S.I.K. mengatakan pengungkapan kasus ini bukan yang pertama kali oleh jajaran Ditpolairud Poldasu.

“Pengungkapan Tindak Pidana ini adalah sekian kalinya yang telah diungkap oleh jajaran Ditpolairud Polda Sumatera Utara dan Juga Baharkam Polri, Pengungkapan ini tentu berdampak positif bagi perekonomian Provinsi Sumatera Utara banyak Stakeholder lain yang dirugikan akibat Perbuatan Pidana yang dilakukan para Tersangka”, ucap Kombes Hadi.


Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,744,234
Kasus
6,649,012
Meninggal Dunia
627,514,736
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450