Connect with us

Ragam

Kabar Duka, Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra dikabarkan telah meninggal dunia sekitar pukul 11.30 di rumah sakit Serdang, Kuala Lumpur, Malaysia , Minggu (18/9/2022)

Jenazah Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra tiba di tanah air. Foto: istimewa

Pantausidang, Jakarta- Kabar duka menyelimuti insan pers nasional. Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra dikabarkan telah meninggal dunia sekitar pukul 11.30 di rumah sakit Serdang, Kuala Lumpur, Malaysia pada Minggu (18/9/2022).

Informasi wafatnya Profesor Azra berdasarkan laman Berita UIN Online dari sejumlah pimpinan, dosen, dan mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Dr Amany Lubis menyampaikan turut belasungkawa atas kepergian cendekiawan muslim itu.

“Innalillahi wa innaa ilaihi rojiun. Telah berpulang ke Rohmatullah, guru kita semua Prof. Dr. Azyumardi Azra M.Phil, MA, CBE pada hari ini, Ahad 18 September 2022. Semoga Allah SWT menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya.”

“Saya bersaksi Profesor Azra adalah orang yang sangat baik, khoir, khoir, khoir wa min ahlil jannah” ucap Prof Amany Lubis dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu (18/9/2022).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, sebelumnya Profesor Azyumardi dinyatakan sakit dalam penerbangannya menuju Kuala Lumpur, Malaysia, pada hari Jumat 16 September kemarin.


Diketahui, mantan Rektor UIN Jakarta itu terbang menuju Malaysia untuk menjadi narasumber konferensi internasional Persidangan Antarbangsa “Kosmopolitan Islam” yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada esok harinya, Sabtu 17 September.

Namun, di tengah penerbangan menuju Malaysia Azra mengeluhkan sakit, Azra diduga mengalami sesak nafas sebelum sampai di bandara Kuala Lumpur. Kedutaan Besar RI di Malaysia dan tim panitia kegiatan pun segera merujuk Azra untuk dirawat di RS Serdang Malaysia.


Oleh para tenaga medis rumah sakit setempat, Azra segera diberikan tindakan medis terbaik. Namun hari Ahad ini, Azra menghembuskan nafas untuk terakhir kalinya.

Wafatnya Azra menyisakan duka mendalam seluruh sivitas akademi UIN Jakarta. Rektor Amany menceritakan, sepanjang masa kepemimpinannya sebagai Rektor UIN Jakarta, Azra telah memimpin pengembangan universitas dengan ide-ide konstruktif dan penuh dedikasi.

Sebagai seorang guru, lanjut Amany, Azra merupakan sosok guru yang bijak, pendidik yang amanah, serta lebih banyak mengedepankan kemajuan ilmu pengetahuan.

Azra juga memberikan teladan sangat positif bagi para akademisi untuk berpegang teguh pada rasionalitas dalam nuansa spiritual yang kental.

“Untuk itu, kami di UIN Jakarta merasa sangat kehilangan atas wafatnya Profesor Azumardi Azra,” tandasnya.

Laman: 1 2

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Pertama kali, KPK Resmi Rekrut 50 CPNS baru

Pantausidang, Jakarta – Sebanyak 50 CPNS lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN) menjadi CPNS angkatan pertama yang bergabung langsung dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Para lulusan dengan disiplin ilmu keuangan ini direkrut melalui kerja sama yang telah terjalin sebelumnya antara KPK dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Selamat datang, selamat bergabung dengan kami pejuang-pejuang Indonesia. Semangat! Lima puluh orang ini merupakan darah segar bagi KPK,” ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Continue Reading

Ragam

Papdesi : Harmonisasi 21 Undang Undang dengan UU Desa, Lebih Penting Ketimbang 9 tahun Jabatan Kades

Ketua Umum Papdesi, Wargiyati menegaskan revisi diperlukan karena banyak peraturan yang tumpang tindih antara pemerintah pusat dengan Desa

Pengurus DPP PAPDESI soal Revisi UU Desa

Pantausidang, Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi), meminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera mensahkan Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Ketua Umum Papdesi, Wargiyati menegaskan bahwa revisi diperlukan karena banyak peraturan yang selama ini tumpang tindih antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Oleh sebab itu banyak permasalahan yang terjadi karena adanya multitafsir.

“Karena itu, kami mendesak agar Revisi UU Desa masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2023. Dengan demikian pemerintah dan DPR RI dapat segera membahas dan mengesahkan revisi UU Desa,” katanya.


Continue Reading

Ragam

Warga Batu Ampar Bali Sambangi Kantor Watimpres, Adukan Penyerobotan Lahan

Bambang Slamet Riyadi (Kiri) dan Nyoman Tirtawan (Kanan)/foto istw.

Pantausidang, Jakarta – Perjuangan warga Dusun Batu Ampar, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali untuk memperoleh kembali tanah mereka tak pernah pupus. Kali ini mereka mengadu ke Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Rabu (1/2/2023).

Nyoman Tirtawan salah seorang perwakilan warga yang menyambangi kantor Wantimpres di Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, mengaku diterima oleh Tim Ahli Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Politik Hukum dan Agraria Dr. Bambang Slamet Riyadi, SE.,SH.,MH.,MM.

“Kami melaporkan kepada tim ahli hukum Wantimpres, ada Bapak Bambang Slamet Riyadi, kami 55 warga Batu Ampar yang memiliki bukti kepemilikan tanah dan membayar pajak dari dulu sampai sekarang namun mereka diusir dan tanah mereka dicaplok dan dibangun hotel di atas tanah mereka,” katanya.

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

676,093,195
Kasus
6,770,406
Meninggal Dunia
648,395,469
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,730,778
  • Meninggal Dunia: 160,826
  • Sembuh: 6,565,684