Connect with us

Daerah

Gedung Doea Tjangkir, Keunikan Gedung Tua di Bogor dipertahankan

Gedung-gedung peninggalan kolonial Belanda, (konstruksi) batu batanya lebih tebal, di atas rata-rata (desain) gedung modern. Gedung kami juga, konstruksi

Pantausidang, Bogor – Gedung tua Doea Tjangkir di Jl. Sawojajar, Pabaton Bogor Jawa Barat diyakini memiliki beberapa keunikan termasuk desain konstruksinya yang tidak ada sudut siku 90 derajat, sehingga ada sedikit kemiringan pada bangunan bagian depan – belakang. 

Selain konstruksinya juga menggunakan batu bata, pasir dan kapur yang bisa menyerap lembab terutama dindingnya.

“Gedung-gedung peninggalan kolonial Belanda, (konstruksi) batu batanya lebih tebal, di atas rata-rata (desain) gedung modern. Gedung kami juga, konstruksi batu batanya lebih tebal dan besar. “

“Kalau gedung modern yang dibangun beberapa tahun belakangan ini, (konstruksi batu bata) lebih tipis, sehingga kurang kuat. Saya berusaha mempertahankan (keunikan),” pemilik Doea Tjangkir, Susan Purboyo mengatakan kepada Redaksi.

Arsitek dan pekerja gedung Doea Tjangkir sudah mengantisipasi kelembaban kota Bogor, yang relatif tinggi dibanding Jakarta dan sekitarnya.

Pemilik Doea Tjangkir Susan Purboyo

Sehingga penggunaan kapur untuk konstruksi dinding sangat tepat. Gedung ini dibangun pada tahun 1924 oleh keluarga Tionghoa ternama asal Bogor.

Mereka adalah keluarga ‘Thung’ yang awalnya membangun gedung untuk tempat tinggal para anggota keluarganya. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, gedung tersebut dijual kepada keluarga (Marga Tionghoa) ‘Poei’ atau Fang, yang salah satu anaknya adalah Susan Purboyo (Poei An Nio).

Tepatnya pada tahun 1980, Susan mulai menggunakan gedung tersebut untuk usaha salon.


“Gedung ini hebat dan saya sudah tes. Walaupun ada sedikit rembesan air pada (konstruksi) dinding karena lembab, tapi tidak mengurangi kekuatan.

“ Sehingga kualitas akustik ruangan juga terjaga. Karena setiap weekend, ada beberapa komunitas termasuk manula (manusia usia lanjut) nyanyi dan dansa,” kata perempuan kelahiran tahun September 1945.

Pemkot Bogor melalui kantor Dinas Pemugaran mengalokasikan dana untuk setiap kegiatan perbaikan gedung tua, termasuk Doea Tjangkir.

Tapi standar operasional prosedur (SOP) gedung tua yang sudah masuk kategori cagar budaya seperti Doea Tjangkir tidak boleh dirombak (secara keseluruhan), hanya renovasi minor.


Pemugaran gedung cagar Budaya terutama tampak mukanya tidak boleh diubah kecuali ada izin khusus . Ada Undang Undang dan Peraturan Daerah yang menentukan kelangsungan cagar budaya. Renovasi minor, termasuk misalkan ada bagian dinding yang keropos.

“Pengecatan dengan warna yang sesuai kemauan pemilik, juga tidak dilarang. Penggantian ubin yang mungkin sudah aus juga diperbolehkan. Tapi sementara ini, kami belum ada rencana untuk perbaikan. Kalau mengajukan IMB (izin mendirikan bangunan), hal ini pasti ditanya petugas. Apalagi Doea Tjangkir sudah masuk daftar tujuan wisata, referensi Lonely Planet,” kata Susan.*** Liu.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Daerah

KPK Diminta Sering Pantau Pemprov Sumatera Utara

Pantausidang, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menandatangani komitmen anti korupsi bersama enam kepala daerah yang termasuk ke dalam wilayah I Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI). Yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Bengkulu.

Komitmen tersebut berisikan antara lain pertama, memimpin perubahan dan memberikan pelayanan publik sebaik-baiknya dan sehormat-hormatnya kepada seluruh masyarakat dalam terang integritas dan tanpa suap, gratifikasi yang dianggap suap, pemerasan dan pungutan liar.

Kedua, mendukung sepenuhnya peran serta masyarakat dalam mengawal dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan dengan tersedianya saluran dan mekanisme pengaduan masyarakat termasuk saluran pengaduan secara anonim.

Continue Reading

Daerah

Gerakan Sedekah Nonstop sediakan Makan Siang Gratis Setiap Jumat dan Sabtu

Mulai minggu ini, kita siapkan satu tempat agar saudara-saudara kita tidak lagi menunggu-nunggu dan mencari tahu dimana Gerakan Sedekah Nonstop

Pantausidang, Medan – Pengurus Gerakan Sedekah Nonstop membuka warung makan siang gratis kepada kaum duafa dan warga kurang mampu.

Warung tersebut dibuka di dua tempat terpisah masing-masing di Jalan Mustafa, Medan Timur dan Jalan Sempurna, Medan Kota. Kedua warung itu membuka makan gratis setiap hari Jumat dan Sabtu.

Inisiator Gerakan Sedekah Nonstop, Zulkifli mengatakan selama ini Gerakan Sedekah Nonstop membagi-bagi nasi sedekah secara sporadis, keliling Medan.

Continue Reading

Daerah

Polda Sumut Ingatkan untuk tidak lindungi Bandar Narkoba

Hadi mengungkapkan, Polda Sumut beserta jajaran terus meningkatkan upaya pemberantasan tindak pidana peredaran narkoba di Sumatera Utara

Pantausidang, Medan – Polda Sumatera Utara menegaskan, jangan mencoba-coba untuk membela bandar narkoba yang keberadaanya sangat meresahkan masyarakat.

Penegasan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, Selasa (15/11).

Hadi mengungkapkan, Polda Sumut beserta jajaran terus meningkatkan upaya pemberantasan tindak pidana peredaran narkoba di Sumatera Utara.

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,793,722
Kasus
6,649,180
Meninggal Dunia
627,514,971
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450