Connect with us

Ragam

Sajian kopi barista dengan suasana thematic

Perjalanan menelusuri ‘filosofi kopi’ Doea Tjangkir, ia yakin bahwa penyajian kopi untuk pengunjung sama benefit nya dengan kegiatan edukasi kopi

Pantausidang, BogorBarista Doea Tjangkir resto café di Bogor, yang nuansa dan konsep bangunannya ala kolonial mengakui prospek bisnis F&B (food and beverages) karena pelanggan di berbagai kota besar termasuk Jakarta, Bogor dan sekitarnya memilih ‘ngopi’ sambil menikmati suasana thematic, romantis dan pengalaman kuliner.

Pengunjung sering membawa keluarga, kolega menikmati sajian di satu tempat yang luas dengan taman terbuka, sehingga cocok untuk berdiskusi, bersantai ataupun bercengkerama antar anggota keluarga.

Ada market (bisnis F&B), pengelola dan barista harus melayani. Tempat ngopi bagus-bagus dengan berbagai atmosphere, suasana.

“Mereka mau nongkrong, tidak peduli dengan rasa kopi. Tapi saya pribadi, lebih senang membuat kopi yang enak, menyajikan yang terbaik untuk customer,” barista Doea Tjangkir, Ferry Karies (53) mengatakan kepada Redaksi.

Tempat ngopi di Bogor yang satu ini cukup unik. Selain konsep bangunan kolonial, pemiliknya juga memajang berbagai foto hitam putih anggota keluarganya.

Bahkan ada juga foto the founding father, Bung Karno di tengah atmosphere perpaduan Chinese, kolonial serta nuansa Sunda.


Berbagai ornamen zaman dulu seperti piano tua, radio kuno, sepeda ontel menambah kekhasan atmosphere Doea Tjangkir.

Sedikit (pengunjung) yang datang kesini, (alasan) mau menikmati kopi. Sebagian besar mau menikmati suasananya.

Bahkan turis-turis mancanegara sempat mendapat referensi Doea Tjangkir dari Lonely Planet (buku panduan perjalanan dan penerbit media digital terbesar di dunia).


“Tapi saya pribadi, lebih senang membuat, menyajikan kopi yang enak terutama V60 (V Sixty; seduh kopi yang menggunakan metode pour over),”

“Bahkan saya show bikin V Sixty di depan customers. Saya kadang bercerita mengenai proses (V Sixty), meyakinkan timing (waktu proses) brewing time, (yakni) dua setengah sampai tiga setengah menit,” kata Ferry.

Perjalanan menelusuri ‘filosofi kopi’ Doea Tjangkir, ia yakin bahwa penyajian kopi untuk pengunjung sama benefit nya dengan kegiatan edukasi kopi.


Karena pengalamannya sebagai barista dan penjual kopi di pasar Santa Kebayoran Baru Jakarta Selatan, belum banyak masyarakat yang paham mengenai kopi.

Pengalaman lain, beberapa pengunjung awalnya tidak tahu, bahkan tidak mau tahu mengenai seluk beluk kopi.

Tapi dengan pendekatan dan komunikasi yang baik, barista menjelaskan sekilas mengenai kopi. Setelah mengerti, mereka sangat mencintai kopi.

Setelah customers tertarik dengan kopi, mereka punya pengalaman ngopi. Mereka mulai mau menyeduh kopi sendiri. Sehingga pantry Doea Tjangkir sengaja dibuat terbuka, tidak ada sekat antara barista dengan customers.

“Hal ini juga membuat suasana dan pengalaman kuliner yang menarik, termasuk pengalaman ngopi,” kata alumni Teknik Informatika Universitas Gunadarma, Depok Jawa Barat.*** Liu.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Mangkir, KPK panggil Ulang Karim Abidin Eks Kabag Keuangan Benou Taka

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.
Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi

Pantausidang, Jakarta – Tim penyidik komisi pemberantasan korupsi (KPK) terpaksa memanggil ulang dua saksi pejabat daerah terkait pengembangan kasus dugaan korupsi dana penyertaan modal Perumda Penajem Paser Utara pada 2019 -2021, Selasa (6/12/2022).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada keterangan tertulis yang diterima pantausidang.com mengatakan, sedianya dua saksi diperiksa pada senen (5/12/2022).

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.

“ Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi, dan segera kami akan panggil ulang,” ujarnya.

Diberitakan, kasus diduga bermula ketika Pemkab Penajam Paser Utara mengagendakan beberapa proyek Di Dinas PUTR dan Dispora tahun 2021 lalu.

Proyek tersebut diantaranya, proyek multiyears peningkatan jalan Sotek – Bukit Subur dan pembangunan gedung perpustakaan dengan total kontraj mencapai Rp.112 miliar.

Diduga atas proyek tersebut Bupati Abdul Gafur Mas’ud memerintahkan PLT Setda Muliadi, agar para kontraktor memberi uang pelicin melaui para kepala dinas tersebut.


Disebutkan uang uang tersebut diantaranya dikumpulkan di rekening bendahara umum DPC Demokrat Nur Afifah Balqis.*** Red (Laporan Syrudatin).

Continue Reading

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”


Continue Reading

Ragam

Kota Medan Siap Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2023

Pantausidang, Medan – Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diselenggarakan pada tanggal 9 Februari, didasari dengan lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, dan telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pers Indonesia sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Untuk Peringatan HPN tahun 2023 mendatang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN adalah kota Medan.

Ketua HPN, H Mirza Zulhadi mengatakan bahwa penyelenggaraan HPN di kota Medan mendatang, tetap mengagendakan beberapa program seperti seminar pers.

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,790,976
Kasus
6,649,180
Meninggal Dunia
627,514,968
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450