Connect with us

Ragam

Sakral Lok Thung untuk melepaskan makhluk hitam pada pasien

Gelar acara sakral Lok Thung dengan Tangsin berlangsung di dalam gedung tua Toasebio, berlangsung sekitar 90 menit

Pantausidang, Jakarta – Suasana di Wihara Dharma Jaya Toasebio, Glodok beberapa hari yang lalu padat dengan kerumunan orang yang mau mengikuti serangkaian acara peringatan Hari Kongco Sejit dan HUT ke 271 Wihara Toasebio.

Salah satunya adalah acara pengobatan dengan Tangsin, ala Lok Thung (tatung). Beberapa warga dan umat yang merasa ada kejanggalan pada kondisi tubuhnya, memanfaatkan pengobatan dengan tangsin.

Pengobatan yang dimaksud bukan melalui medis, yang dilakukan oleh dokter, melalui operasi, menggunakan obat-obatan dan lain sebagainya.

“Ini (pengobatan) lebih pada terkait dengan spiritualitas. Pengobatan terhadap pasien bukan dari aspek ilmu kedokteran,” salah satu pengamat Lok Thung Vivi asal Kalimantan mengatakan kepada Redaksi.

Antusiasme warga dan umat memperingati HUT Toasebio, perayaan Hari Sejit YM Kongco Cheng Goan Cheng Kun dan Kongco Thian Kauw Ciong Kun di pelataran parkir.


Sehingga semua kendaraan roda dua, roda empat parkir di gedung Sekolah Ricci yang lokasinya berdekatan.

Gelar acara sakral Lok Thung dengan Tangsin berlangsung di dalam gedung tua Toasebio, berlangsung sekitar 90 menit.

Suara tambur bergemuruh, sementara para pemain Lok Thung berkumpul dengan membentuk seperti lingkaran.

“Ada pasien yang terus diikuti dua makhluk hitam. (pasien) terus dipegang dan akhirnya merasakan kejanggalan seperti sakit,”


“Kalau (makhluk hitam) nggak lepas, dia (pasien) nggak sembuh. Ini saklar karena Lok Thung adalah spiritualitas,” kata Vivi.

Sampai sejauh mana ilmu kedokteran dan spiritualitas Lok Thung saling beririsan?, hal tersebut kembali pada sampai sejauh mana kepercayaan pasien.

Dua entitas dan dua aspek beririsan untuk bisa menyembuhkan pasien, tergantung kepercayaan masing-masing.

Gelaran Ritual Sakral Lok Thung
“Di berbagai daerah di Indonesia, terutama Kalimantan, kepercayaan terhadap Lok Thung masih eksis. “

“Pengobatan ala Lok Thung juga ada di Manado, Medan, Semarang, Bangka.”

“Kalau di Thailand, di Phuket yang banyak penyembuhan dengan pelepasan makhluk hitam. Bahasa Thailand nya, kumanthong,” kata perempuan kelahiran 39 tahun yang lalu. *** Liu.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Bertemu Ketua RW se Jakbar, Kapolda pesan Pertahankan Budaya Lokal

Pantausidang, Jakarta – Kepolisian Daerah (Polda) Metro bersama dengan Polres Jakarta Barat menggelar pertemuan dengan para ketua rukun warga (RW) se-Jakarta Barat.

Acara yang bertajuk ‘Guyub Ketua Rukun Warga Se-Jakarta Barat’ tersebut berlangsung di Grand Ballroom Hao Di Fang Season City, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (4/2/2023).

Kapolda metro jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan RW sangat berperan penting untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang ada.

Continue Reading

Ragam

Lembur Tak Dibayar, Pemerintah Turun Tangan

Haiyani menjelaskan, dari hasil pemeriksaan juga didapati adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur yang terjadi sejak September 2022

Pantausidang, Jakarta —Pemerintah melalui Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Jawa Tengah, Mediator Hubungan Industrial Disnaker Grobogan, dan Polres Grobogan memeriksa PT SAI Apparel Idustries di Grobogan, Jawa Tengah, terkait video viral pekerja yang tidak dibayar gaji lemburnya. Pemeriksaan dilakukan pada Jumat (3/2/2023).

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan Haiyani Rumondang mengatakan, hasil pemeriksaan Tim di lapangan benar terjadi ada adu mulut antara pekerja a.n Erma dengan TKA asal India a.n Shanji.

“Pihak TKA telah meminta maaf dan selanjuntnya akan dipanggil Polres Grobogan. Sementara pekerja menyatakan akan menghormati peraturan perusahaan yang berlaku,” kata Haiyani melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Sabtu (4/3/2023).

Haiyani menjelaskan, dari hasil pemeriksaan juga didapati adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur yang terjadi sejak September 2022.


Continue Reading

Ragam

Kapoldasu : Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat Merupakan Kewajiban.l

Pantausidang, Medan – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara, Irjen Pol Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak menyebutkan, memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat, merupakan kewajiban.

Kapoldasu mengatakan hal itu saat memberi sambutan pada acara penganugerahan hasil survei kepatuhan pelayanan publik di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara,di Medan Kamis (2/2).

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei kepatuhan Ombudsman RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara, 19 Polres di bawah kepemimpinan Irjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak sebagai Kapolda Sumut meraih zona hijau.

“Kita harus mau. Anda tidak tahu bahwa ini adalah kewajiban kita untuk memberi pelayanan publik kepada masyarakat,” ujarnya dihadapan para kapolres di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Jalan Sei Besitang Nomor 3 Medan .


Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

676,416,246
Kasus
6,773,425
Meninggal Dunia
648,934,127
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,731,304
  • Meninggal Dunia: 160,838
  • Sembuh: 6,566,404