Connect with us

Ragam

Jaksa Agung: Jaksa Jangan Malas Merantau, hanya disekitaran Sumatera

Ayo kenali budaya dan adat istiadatnya sehingga tahu penegakan hukum itu sangat fleksibel serta dinamis dengan memperhatikan kearifan lokal

Pantausidang, JakartaJaksa Agung Burhanuddin menyampaikan agar para Jaksa tidak malas merantau yang hanya berdiam diri di sekitaran Sumatera, karena Indonesia sangat luas dan indah, lantaran Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak hanya di Sumatera, Irian Jaya, Maluku, Sulawesi, Bali, dan sebagainya.

 

Hal itu disampaikan pada saat kunjungannya ke Kejaksaan Negeri Jambi yang didampingi oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Kepala Pusat Penerangan Hukum, Kepala Biro Kepegawaian dan Asisten Khusus Jaksa Agung pada Jumat 26 Agustus 2022.

 

“Ayo kenali budaya dan adat istiadatnya sehingga tahu penegakan hukum itu sangat fleksibel serta dinamis dengan memperhatikan kearifan lokal,” ujar Jaksa Agung kepada wartawan dalam keterangan pers yang diterima Pantausidang.com, Jum’at, 26 Agustus 2022.

Jaksa Agung mengungkapkan, bahwa beliau pernah menjadi Kasi Intelijen di Kejaksaan Negeri Jambi pada tahun 1998, sehingga menjadi sangat hafal budaya dan adat istiadat Jambi.

 

“Dan oleh karenanya Jambi sudah seperti kampung bagi dirinya,” ungkapnya.

 

Dalam kunjungannya di Kejaksaan Negeri Jambi, Jaksa Agung juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan mahasiswa magang dari Universitas Jambi yang berjumlah 6 (enam) orang.

 

Pada kesempatan tersebut, Burhanudin memerintahkan kepada Kejaksaan Tinggi Jambi agar kedepannya untuk membuka diri dengan seluruh perguruan tinggi seluruh Indonesia.

 

“Program magang ditambah menjadi 1 semester atau 6 bulan dengan harapan mereka yang magang dapat mendampingi Jaksa saat sidang, bisa belajar menyusun dakwaan, gugatan, membuat pendapat hukum (legal opinion),” tuturnya.

Harapan Jaksa Agung, ketika mereka selesai magang, dapat membuat tulisan atau skripsi dari kegiatan yang telah dijalani.

 

“Ini untuk mengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan skripsi mahasiswanya, kedepan kita juga akan menjajaki mata kuliah anti korupsi yang mana kita menyiapkan tenaga pengajarnya di berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat anti korupsi di kalangan mahasiswa,” sambung dia.

 

Jaksa Agung juga mengatakan, di Kejaksaan Negeri Jambi memiliki sumber daya manusia yang terdiri Jaksa berjumlah 26 orang dan pegawai seluruhnya lebih dari 70 orang.

 

Hal ini merupakan modal yang cukup untuk melakukan penegakan hukum khususnya korupsi, namun demikian pencegahan dan pendampingan proyek-proyek strategis di daerah juga di optimalkan.

 

“Sehingga penegakan hukum tidak menggangggu proses pembangunan di daerah,” pungkasnya. ***Muhammad Shiddiq

Ragam

Mangkir, KPK panggil Ulang Karim Abidin Eks Kabag Keuangan Benou Taka

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.
Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi

Pantausidang, Jakarta – Tim penyidik komisi pemberantasan korupsi (KPK) terpaksa memanggil ulang dua saksi pejabat daerah terkait pengembangan kasus dugaan korupsi dana penyertaan modal Perumda Penajem Paser Utara pada 2019 -2021, Selasa (6/12/2022).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada keterangan tertulis yang diterima pantausidang.com mengatakan, sedianya dua saksi diperiksa pada senen (5/12/2022).

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.

“ Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi, dan segera kami akan panggil ulang,” ujarnya.

Diberitakan, kasus diduga bermula ketika Pemkab Penajam Paser Utara mengagendakan beberapa proyek Di Dinas PUTR dan Dispora tahun 2021 lalu.

Proyek tersebut diantaranya, proyek multiyears peningkatan jalan Sotek – Bukit Subur dan pembangunan gedung perpustakaan dengan total kontraj mencapai Rp.112 miliar.

Diduga atas proyek tersebut Bupati Abdul Gafur Mas’ud memerintahkan PLT Setda Muliadi, agar para kontraktor memberi uang pelicin melaui para kepala dinas tersebut.


Disebutkan uang uang tersebut diantaranya dikumpulkan di rekening bendahara umum DPC Demokrat Nur Afifah Balqis.*** Red (Laporan Syrudatin).

Continue Reading

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”


Continue Reading

Ragam

Kota Medan Siap Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2023

Pantausidang, Medan – Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diselenggarakan pada tanggal 9 Februari, didasari dengan lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, dan telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pers Indonesia sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Untuk Peringatan HPN tahun 2023 mendatang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN adalah kota Medan.

Ketua HPN, H Mirza Zulhadi mengatakan bahwa penyelenggaraan HPN di kota Medan mendatang, tetap mengagendakan beberapa program seperti seminar pers.

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,793,722
Kasus
6,649,180
Meninggal Dunia
627,514,971
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450