Connect with us

Ragam

Kesetiaan Nani pada Souw Beng Kong

Selama 69 tahun Nani hidup ‘bertetangga’ dengan makam Beng Kong, ia tidak bisa melupakan suasana bermain dengan teman-teman kecilnya

Pantausidang, Jakarta – Ibu Nani, kelahiran tahun 1953 tetap bertahan untuk hidup di ‘cluster’ makam Souw Beng Kong, Jl. Pangeran Jayakarta Mangga Dua Selatan sampai sekarang.

Sehari-harinya, Nani  mengumpulkan sampah botol plastic dan barang bekas untuk dijual kembali.

Selama 69 tahun Nani hidup ‘bertetangga’ dengan makam Beng Kong, ia tidak bisa melupakan suasana bermain dengan teman-teman kecilnya.

Satu hal yang tidak pernah dilupakan, Nani sering duduk-duduk di atas batu-batu penunjang nisan dan makam Beng Kong.

“Waktu masih kecil, (sambil duduk) saya goyang-goyang kaki bersama teman-teman. Sekarang, teman-teman saya sudah meninggal semua,” kata Nani

Cluster makam Beng Kong dikelilingi beberapa rumah penduduk yang berhimpitan.

Bahkan ada beberapa rumah di cluster tersebut yang dikontrak atau disewakan pemiliknya.

Letak makam di gang sempit, yang masuknya dari Jl. Pangeran Jayakarta yang sangat dikenal sebagai pusat perdagangan besi dan baja konstruksi.



Berbagai jenis besi dan baja konstruksi termasuk plat, stainless, sheet pile, wire rod dan lain sebagainya.

Di antara deretan toko distributor besi dan baja konstruksi, ada plang jalan yang mengarah ke lokasi makam.

“Sudah tidak ada lagi yang tersisa, kecuali batu nisan. Batu-batu tempat kami duduk-duduk, bermain pada tahun 1960 an sudah ditimbun tanah, pasir, semen berkali-kali.”

“Ubin-ubin asli yang dibuat pada zaman Belanda, ukurannya besar-besar. Tapi semuanya juga ditimbun, diuruk berkali-kali.”

“Saya melihat sendiri, tanah dan pasir (untuk timbunan) banyaknya sampai (kapasitas) mobil-mobil truck,” kata Nani.

Makam yang sudah dikelilingi pagar dikunci dan dijaga oleh seorang perempuan muda. Ia juga berjualan makanan-minuman sambil menjaga makam.


Nani khawatir kalau tidak dikunci, banyak warga yang duduk-duduk mengotori lantai makam.

Ada juga ruangan kecil untuk menyimpan peralatan sembahyang seperti hiolo tempat dupa (untuk persembahyangan umat Buddha dan Khong Hucu), hiolo keramik dan lain sebagainya.

Ada juga stok kertas sembahyang emas dan perak yang sering digunakan melalui pembakaran.

“Tapi sejak covid (Maret 2020), tidak ada lagi rombongan warga yang datang sembahyang.”

“Rombongan mahasiswa juga tidak pernah datang lagi. Kecuali petugas (tenaga) kesehatan untuk menyuntik vaksin covid-10 untuk warga sekitar Mangga Dua dan (jalan) Pangeran Jayakarta.”

“Kalau dulu sebelum covid, rombongan umat yang mau bersembahyang, (jumlahnya) bisa sampai bus-bus besar,” kata Nani.*** Liu

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Bermarga Sidabutar

Pantausidang, Samosir – Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menyandang marga Sidabutar. Peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar dilakukan lewat upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (26/11/2022).

Acara peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar, merupakan rangkaian kegiatan dari Menteri BUMN Erick Thohir, pada acara Tao Toba Heritage Fest untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba.

Dalam kesempatan itu, Erick mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak, bangsa yang terkenal kaya akan budaya, penuh sejarah dengan masyarakat kekeluargaan yang kerja keras.



“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” ujarnya.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai keluarga,” ungkapnya.

Rangkaian acara diawali dengan kebaktian lalu mangalahat horbo dipadu iringan tor tor. prosesi dihadiri keluarga Sidabutar di Tomok.

Orangtua Angkat Erick, Harry Boss Sidabutar sekaligus ketua panitia Tao Toba Heritage Fest mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Menteri BUMN itu telah memilih Sidabutar menjadi marganya.

“Saat ini Erick telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke 4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga Marga Sidabutar ke 8” katanya.

Sementara itu,Ketua Umum Pospera,Mustang Bonaventura Manurung dalam kata sambutan nya menyampaikan sejak hari ini Erick Thohir harus menambahkan marga di namanya.

“Menteri harus memanggil saya tulang, dan Erick merupakan bere saya” jelasnya.

Acara mangain anak ini juga turut dihadiri Sekjen Pospera, Adian Napitupulu, Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan sejumlah staff BUMN.

Usai dilakukan upacara adat pengangkatan anak dan pemberian marga, dilakukan juga mangalahat horbo, dimana merupakan ritual tertua suku batak toba. Mangalahat horbo merupakan ritual agung suku batak dan bentuk rasa sukur kepada leluhur.

Di akhir Erick Thohir Sidabutar, mengatakan sebagai orang batak dirinya akan membangun kampung halaman nya Samosir.

“Nanti kita akan bangun museum batak di Samosir,guna kemajuan pariwisata yang ada disini” katanya. *** Diurnawan

Continue Reading

Ragam

Soal Tudingan Miring, Kabareskrim : Kematian Brigadir Yoshua Aja Mereka Tutupi

Pantausidang, Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto akhirnya bersuara terkait testimoni Aiptu Ismail Bolong dan beredarnya LHP DivPropam yang menyebut dirinya menerima setoran dari hasil tambang ilegal di Kalimantan Timur, Jumat (25/11/2022).

Melalui keterangan tertulisnya kepada awak media, Komjen Agus menyampaikan tanggapannya terkait isu yang beredar di ruang publik yang menyeret namanya.

“Saya ini penegak hukum, ada istilah bukti permulaan yang cukup dan bukti yang cukup, maklum lah kasus almarhum Brigadir Yoshua aja mereka tutup-tutupi”, ujarnya.

Continue Reading

Ragam

Polda Sumut Salurkan 10.000 Paket Bansos Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Pantausidang, Medan – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) akan menyalurkan 10.000 paket bansos dari Kapolri dan Kapolda Sumut kepada masyarakat yang kurang mampu.

Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan paket sembako dari Kapolri yang akan disalurkan berupa beras dan sembako tambahan dari Kapolda Sumut.

“Polda Sumut telah menyalurkan bantuan sosial dari Kapolri berupa beras dan dari Kapolda Sumut sembako tambahannya seperti gula, minyak goreng dan mie instan,” ujar Hadi, Jumat (25/11/2022).

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

646,065,431
Kasus
6,636,120
Meninggal Dunia
624,572,707
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,650,244
  • Meninggal Dunia: 159,676
  • Sembuh: 6,429,987