Connect with us

Ragam

Jelang Vonis Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo pengamanan PN Tipikor diperketat

Jakarta, pantausidang – Pengadilan Tipikor Jakarta menggelar sidang akhir perkara korupsi pemerasan dengan terdakwa mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo, mantan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono, dan mantan direktur alat dan Mesin Kementan Muhammad Hatta.

Majelis Hakim pengadilan tipikor dengan susunan Hakim Ketua: Rianto Adam Pontoh, anggota Fahzal Hendri, dan Ida Ayu Mustikawati (Ad Hoc Tipikor), akan membacakan putusan atau Vonis kepada 3 terdakwa tersebut.

Persiapan sidang di ruang Hatta Ali telah dilakukan sejak pukul 9.00 WIB, dan telah dipenuhi puluhan tripod kamera media televisi yang akan meliput sidang.

Sementara itu puluhan petugas kepolisian dari Polsek Kemayoran dan Polres Jakarta Pusat, berjaga jaga di area pengadilan Tipikor, dengan pengamanan terbuka dan tertutup.

Antisipasi keamanan di perketat sejak awal sidang SYL, karena memang banyak pengunjung sidang yang terdiri dari kerabat terdakwa maupun LSM pendukung selalu memenuhi ruang persidangan.

Diketahui Jaksa sebelumnya mengajukan tuntutan 12 tahun pidana penjara kepada mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian untuk dua terdakwa lain yakni mantan sekjen Kementan Kasdi Subagyono dan mantan direktur alat dan mesin pertanian Muhammad Hatta, masing masing 6 tahun pidana penjara.

Jaksa menilai mantan menteri Syahrul Yasin Limpo dibantu kedua terdakwa lain telah terbukti bersalah memeras pejabat eselon satu ke bawah, berupa kewajiban menyetor dana sharing untuk kepentingan pribadi menteri dan keluarganya hingga kegiatan Partai Nasdem.

Selain itu juga untuk membiayai pencapaian Penilaian WTP Audit BPK, dan THR untuk para Komisi 4 DPR RI.

Jaksa juga meminta agar hakim pengadilan Tipikor menjatuhkan pidana tambahan berupa uang pengganti sebesar 44,2 miliar rupiah dan 30 ribu dolar Amerika. *** Red

Kritik saran kami terima untuk pengembangan konten kami. Jangan lupa subscribe dan like di Channel YouTube, Instagram dan Tik Tok kami.

Terima kasih.

Facebook

Advertisement

Tag

Trending

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Hello 👋
Ada yang bisa saya bantu?
Pantausidang.com