Connect with us

Dakwaan

10 saksi diantaranya Kepala Desa Buktikan Keberadaan Duta Palma Banyak Rugikan Masyarakat

Pantausidang, Jakarta – Sidang lanjutan perkara dugaan korupsi dan Pencucian uang tekait usaha kebon sawit Duta Palma di Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, Hadirkan 10 orang saksi, Senen (7/11/2022).

Kapuspenkum kejagung Ketut Sumedana dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan, dalam keterangan 10 saksi dipersidangan terdapat beberapa  fakta yang diungkap antara lain,

Dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit oleh Duta Palma Group, telah mengambil lahan milik masyarakat atau kelompok tani dan tidak pernah melibatkan masyarakat dalam bentuk plasma.

“Keberadaan Duta Palma Group yang membuka perkebunan kelapa sawit selama ini tidak memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat sekitar, diantaranya bahkan tidak ada dibangunkan akses jalan untuk mengeluarkan hasil perkebunan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu juga, keberadaan Duta Palma Group mengakibatkan terjadi kerusakan lingkungan lahan hutan masyarakat yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa misalnya berupa pohon rotan, kayu jelutung, pohon manau, pohon sagu, dan sebagainya.

“Di samping itu, kerusakan hutan yang berdampak merusak daerah aliran sungai (DAS),” kata kapuspenkum.

Adapun saksi yang dihadirkan 10 orang oleh Jaksa Penuntut Umum tersebut adalah:

Ade Mukasi selaku Direktur Iuran dan Penatausahaan Hasil Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI periode 2022 s/d sekarang.

Jamri Tumanggor, selaku Ketua Koperasi Usaha Tani Rahmat-Desa Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida.

Suroso selaku Kepala Desa (Kades) Ringin, Joni Aris Wasito, selaku Kades Kelesa, Muksin selaku Kades Paya Rumbai.

Bambang Wibisono selaku Ketua Koperasi Cenaku Lestari-Desa Kuala Cenaku dan Kuala Mulia.

Suroto selaku Kades Kuala Mulia, Marwan selaku Kades Penyaguan, Saharudin selaku Kades Danau Rambai, dan

Zulkarnaen selaku Kepala Desa Siambul.

Sidang dengan terdakwa Surya Darmadi dan Raja Thamsir Rachman akan kembali dilanjutkan pada Rabu 09 November 2022 pukul 10:00 WIB, di Pengadilan Tipikor Jakarta.*** Red

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Dakwaan

Keterangan Para Terdakwa menguatkan Dakwaan Jaksa dalam Perkara Garuda Indonesia

Pantausidang, Jakarta – Sidang perkara dugaan korupsi pengadaan pesawat PT Garuda Indonesia dengan tiga terdakwa Albert Hasibuan, Setijo Awibowo, dan Agus Wahjudo memasuki pemeriksaan terdakwa, Senen (21/11/2022).

Tim Jaksa Penuntut Umum pada kejaksaan agung melalui kapuspenkum kejagung ketut sumedana mengungkapkan, sejauh ini keterangan para terdakwa telah menguatkan dakwaan jaksa.

“Dalam persidangan tersebut, pada pokoknya para Terdakwa menyampaikan keterangan yang menguatkan dakwaan sesuai dengan yang terlampir pada berita acara pemeriksaan Terdakwa,” ujarnya.
Para Terdakwa perkara Garuda Indonesia tersebut adalah,

Continue Reading

Dakwaan

Sidang Korupsi Garuda, Saksi Mahkota Jelaskan Formalitas selaku Panitia Pengadaan

agenda pemeriksaan saksi mahkota, dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan pesawat udara pada PT. Garuda Indonesia Tbk. tahun 2011-2021

Pantausidang, Jakarta – Sidang lanjutan perkara dugaan korupsi pengadaan pesawat di PT Garuda Indonesia mengagendakan keterangan saksi Mahkota, Jumat 18 November 2022.

Kapuspenkum kejagung Ketut Sumedana dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, sidang yang berlansung pukul 14:50 WIB s/d 17:00 WIB di Pengadilan Tipikor Jakarta Penuntut Umum pada Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat mendengarkan keterangan Setijo Awibowo dan Agus Wahjudo selaku saksi mahkota.

“Dengan agenda pemeriksaan saksi mahkota, dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan pesawat udara pada PT. Garuda Indonesia (persero) Tbk. tahun 2011-2021,” ujarnya.

Continue Reading

Dakwaan

Jaksa akan Koordinasi Interpol Guna Temukan Mantan Mendag Lutfi Hasan

rencana sudah lama (untuk dihadirkan). Surat panggilannya terus berjalan dan ditujukan kediamannya yang di Jakarta,” kata jaksa

Pantausidang, Jakarta – Tim Jaksa Penuntut Umum Kejagung berencana koordinasi dengan Interpol untuk mengetahui keberadaan Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Hal tersebut dikatakan oleh Jaksa Muhammad menanggapi ketidakhadiran M Lutfi untuk kesekian kali dipersidangan perkara Minyak Goreng di Pengadilan Tipikor Jakarta.

“Kalau rencana sudah lama (untuk dihadirkan). Surat panggilannya terus berjalan dan ditujukan kediamannya yang di Jakarta,” kata jaksa Muhammad, Jakarta, Kamis, 16 November 2022.

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

646,065,431
Kasus
6,636,120
Meninggal Dunia
624,572,707
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,650,244
  • Meninggal Dunia: 159,676
  • Sembuh: 6,429,987