Connect with us

Ragam

Terancam Digusur, Ulama Hingga Aktifis Siap Turun Jaga Makam Syekh Ki Buyut Jenggot

Kami bersama para ulama, aktifis, dan masyarakat meminta supaya pihak pengembang jangan hanya mementingkan pembangunan. harusnya turut serta menjaga, makam

Pantausidang, BantenUlama hingga aktifis di Kota Tangerang dan Provinsi Banten mulai gelisah dengan adanya isu pembongkaran dan pemindahan Makam Syekh Ki Buyut Jenggot (Tubagus Rajasuta) di Kelurahan Panunggangan Barat, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Pasalnya, Makam Syekh Ki Buyut Jenggot yang merupakan tokoh perjuangan Islam di Banten yang sudah berusia ratusan tahun lagi senantiasa terjaga keberadaannya itu merupakan warisan situs bersejarah bagi Kota Tangerang.

Menyikapi beredarnya isu tidak mengenakkan tersebut, ulama dan juga aktifis se Kota Tangerang mulai melakukan tindakan administarif untuk mendorong pihak berwenang turut serta menjaga, merawat, dan melestarikan makam tersebut hingga bisa dijadikan Situs Cagar Budaya.

Koordinator Advokasi Situs Cagar Budaya Syeh Ki Buyut Jenggot, Tubagus Saptani mengatakan, belakangan makam tersebut mulai terimbas pembangunan perumahan yang dilakukan PT. Villa Permata Cibodas sejak beberapa waktu belakangan.

Hasil pantauan Saptani di lokasi Makam yang beralamat di Kampung Sukasari, RT/RW 02/08, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang itu, kini terdapat puluhan alat berat yang kapan saja bisa digunakan untuk pembongkaran makam.

“Kami bersama para ulama, aktifis, dan masyarakat setempat meminta supaya pihak pengembang ini jangan hanya mementingkan pembangunan. Namun harusnya turut serta menjaga, merawat, dan melestarikan lokasi makam tersebut,” kata Saptani.

Saptani menegaskan, saharusnya pihak pengembang ini mengalokasikan khusus lahan makam sebagai bagian dari Fasilitas Sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum), serta tidak merubah apapun yang ada di dalam makam.

“Kami tegaskan kepada pihak pegembang untuk dapat menjadikan lahan itu lebih layak kunjung karena akan mejadi bagian dari kawasan Cagar Budaya Kota Tangerang, yang dalam hal ini kami mendukung penuh proses pengajuan sampai penetapannya kepada pihak yang berwenang,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Cagar Budaya Syeh Ki Buyut Jenggot, Sanusi mengatakan, pihaknya bersama tim terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk menjadikan makam itu sebagai situs cagar budaya.

Dukungan yang datang diantaranya dari PWNU Provinsi Banten, Kenaziran Kesultanan Banten, MUI Kota Tangerang, PCNU Kota Tangerang, Pemanggku Adat Kesultanan Banten,

Kemudian Himpunan Mahasswa Islam, KNPI, Himpunan Mahasiswa Tangerang, Repdem Kota Tangerang, dan puluhan lembaga keagamaan serta lembaga pemuda dan aktifis lainnya di Kota Tangerang dan Banten.

“Melalui dukungan ini, kami mengajak semua pihak untuk memberikan penyadaran kepada pihak pengembang bahwa ada hak masyarakat di lahan mereka yang patut dijaga, dirawat, dan dilestarikan.”

“Kami harap dukungan semakin luas lagi sehingga pemerintah juga dapat segera menetapkan lokasi itu sebagai cagar budaya dan religi di Kota Tangerang,” pungkasnya. ***AAG

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Bermarga Sidabutar

Pantausidang, Samosir – Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menyandang marga Sidabutar. Peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar dilakukan lewat upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (26/11/2022).

Acara peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar, merupakan rangkaian kegiatan dari Menteri BUMN Erick Thohir, pada acara Tao Toba Heritage Fest untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba.

Dalam kesempatan itu, Erick mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak, bangsa yang terkenal kaya akan budaya, penuh sejarah dengan masyarakat kekeluargaan yang kerja keras.



“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” ujarnya.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai keluarga,” ungkapnya.

Rangkaian acara diawali dengan kebaktian lalu mangalahat horbo dipadu iringan tor tor. prosesi dihadiri keluarga Sidabutar di Tomok.

Orangtua Angkat Erick, Harry Boss Sidabutar sekaligus ketua panitia Tao Toba Heritage Fest mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Menteri BUMN itu telah memilih Sidabutar menjadi marganya.

“Saat ini Erick telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke 4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga Marga Sidabutar ke 8” katanya.

Sementara itu,Ketua Umum Pospera,Mustang Bonaventura Manurung dalam kata sambutan nya menyampaikan sejak hari ini Erick Thohir harus menambahkan marga di namanya.

“Menteri harus memanggil saya tulang, dan Erick merupakan bere saya” jelasnya.

Acara mangain anak ini juga turut dihadiri Sekjen Pospera, Adian Napitupulu, Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan sejumlah staff BUMN.

Usai dilakukan upacara adat pengangkatan anak dan pemberian marga, dilakukan juga mangalahat horbo, dimana merupakan ritual tertua suku batak toba. Mangalahat horbo merupakan ritual agung suku batak dan bentuk rasa sukur kepada leluhur.

Di akhir Erick Thohir Sidabutar, mengatakan sebagai orang batak dirinya akan membangun kampung halaman nya Samosir.

“Nanti kita akan bangun museum batak di Samosir,guna kemajuan pariwisata yang ada disini” katanya. *** Diurnawan

Continue Reading

Ragam

Soal Tudingan Miring, Kabareskrim : Kematian Brigadir Yoshua Aja Mereka Tutupi

Pantausidang, Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto akhirnya bersuara terkait testimoni Aiptu Ismail Bolong dan beredarnya LHP DivPropam yang menyebut dirinya menerima setoran dari hasil tambang ilegal di Kalimantan Timur, Jumat (25/11/2022).

Melalui keterangan tertulisnya kepada awak media, Komjen Agus menyampaikan tanggapannya terkait isu yang beredar di ruang publik yang menyeret namanya.

“Saya ini penegak hukum, ada istilah bukti permulaan yang cukup dan bukti yang cukup, maklum lah kasus almarhum Brigadir Yoshua aja mereka tutup-tutupi”, ujarnya.

Continue Reading

Ragam

Polda Sumut Salurkan 10.000 Paket Bansos Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Pantausidang, Medan – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) akan menyalurkan 10.000 paket bansos dari Kapolri dan Kapolda Sumut kepada masyarakat yang kurang mampu.

Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan paket sembako dari Kapolri yang akan disalurkan berupa beras dan sembako tambahan dari Kapolda Sumut.

“Polda Sumut telah menyalurkan bantuan sosial dari Kapolri berupa beras dan dari Kapolda Sumut sembako tambahannya seperti gula, minyak goreng dan mie instan,” ujar Hadi, Jumat (25/11/2022).

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

646,065,431
Kasus
6,636,120
Meninggal Dunia
624,572,707
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,650,244
  • Meninggal Dunia: 159,676
  • Sembuh: 6,429,987