Connect with us

Ragam

IG untuk Bangun Jiwa Kebangsaan Generasi Muda Indonesia

Pantausidang, Jakarta – Brand Ambassador Indikasi Geografis (IG) Bara Pattiradjawane berupaya memperkuat jiwa kebangsaan terutama generasi muda melalui kebanggaan terhadap kekayaan sumber daya alam, termasuk produk perkebunan/pertanian ber-IG pada menu-menu dining di luar negeri, hasil dari produk perkebunan di Indonesia.

Termasuk menu Grilled Lamb (bagian iga domba dari pinggang yang dipanggang) dipotong-potong, tertera IG Muntok White Pepper (MWP) atau lada putih dari Muntok, Bangka Belitung (Babel).

“(Jiwa kebangsaan) generasi muda sekarang ini sudah luntur. Sepertinya tidak ada yang mereka bisa banggakan (dari Bangsa Indonesia), sebaliknya mereka bangga dengan K-Pop, Hollywood.”



“Itu boleh-boleh saja, tapi jangan melupakan, (sesungguhnya) negara ini sangat kaya,” kata Bara Pattiradjawane yang selama ini juga dikenal sebagai Chef (juru masak)

Melihat fenomena K-pop yang sering menjadi incaran, bahkan fans sering membludak datang ke lokasi untuk melihat idolanya tersebut.

Dari fenomena tersebut, Bara mengaku bertekad untuk melakukan kegiatan promosi IG, dan juru bicara petani yang hasil perkebunan/pertanian ber-IG, salah satunya MWP. Setiap ada kesempatan duduk dengan anak-anak muda, ia bercerita, bernarasai mengenai IG.



“Saya selalu bawa MWP ‘ …coba deh……..’ (kepada anak-anak muda). Bagi sebagian orang menilai lada ya lada, garam ya garam. Ada dua anak muda yang baru sadar, dan berkata ‘…..ternyata (rasa, aroma) MWP beda dengan lada yang digunakan ibu saya masak di dapur………’. Sekarang di dalam tasnya, dia bawa MWP kemana-mana, termasuk sedang travel ke luar kota, luar negeri,” kata Food & Flavour Developer Chef.

Indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan.

Tercatat, ada 121 produk yang secara nasional telah mendapat IG, atau sekitar 58% nya adalah produk perkebunan.

30 produk tersebut adalah MWP, Kopi Arabika (10 produk), Kopi Robusta (2 produk), Kopi Liberika (2 produk), Lada (2 produk), Cengkeh (2 produk), Kayu Manis (1 produk), Pala (2 produk), Teh (1 produk), Tembakau (3 produk), Gula Kelapa (1 produk), Vanili (1 produk), Minyak Nilam (1 produk) dan Mete (2 produk).

“Saya masak menu (makanan) vegetarian, kebetulan rendangnya rendang rempah dan jamur. Bumbunya, ada lada putih, biji pala Papua, garam dari gunung Krayan (Kalimantan Utara), kayu manis dari Kerinci (Jambi). Ini semua adalah produk IG dan semakin digemari. Termasuk lada putih dengan aroma dan cita rasanya,” kata Bara Pattiradjawane pada acara Talk Show SIAL InterFood 2022 di JIExpo Kemayoran

Di tempat berbeda, penggiat kuliner tradisional Susantina Purbojo mengaku sudah geluti pembuatan jajanan pasar atau kue basah sejak tahun 1980-an.

Ia menyimpan resep-resep yang dibuat kakek-neneknya semasa zaman kolonial Belanda masih tersimpan pada Buku ABC.

Tradisi kuliner unggulan Bogor juga dibarengi dengan kegiatan memasak hidangan dengan mutu terbaik.

Beberapa makanan lama seperti bika ambon, kue mangkok gula merah, talam pandan, kue bugis, kue cente manis, kue klepon, kue nagasari, talam hijau.

“Apa saja, kita bisa explore (Indonesian traditional snacks). Kue-kue lama, bisa digeluti untuk membangkitkan kenangan manis, masa kecil dan nostalgia.

Jargon ‘… the sweet taste of nostalgia ….’. Bubur sagu rangi, bagi orang-orang yang sudah berumur, sakit lambung, sangat pas untuk pemulihan,” kata Susanna yang juga icon Doea Tjangkir café/resto di Jl. Sawojajar kota Bogor, Jawa Barat.

Selain, bahan-bahan baku jajanan pasar Doea Tjangkir bisa membantu pemulihan diabetes, dengan kandungan kayu manisnya.

Menu jajanan pasar, kue basah ala Doea Tjangkir tetap commercial, sehingga tetap menjaga customer loyalty.

“Saya menjaga customer loyalty, kesinambungan di antara keberadaan, art and ambience. Ambience dibentuk karena pengunjung (Doea Tjangkir) memenuhi kebutuhan batiniah. Satu sama lain saling menghargai. Saya tangani operation, service, maintenance. saya terbiasa service, saya sadar, bahwa orang datang ke resto café, bukan hanya untuk makanan minuman, tapi suasana,” kata perempuan kelahiran tahun 1945 itu. *** Liu

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Bermarga Sidabutar

Pantausidang, Samosir – Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menyandang marga Sidabutar. Peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar dilakukan lewat upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (26/11/2022).

Acara peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar, merupakan rangkaian kegiatan dari Menteri BUMN Erick Thohir, pada acara Tao Toba Heritage Fest untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba.

Dalam kesempatan itu, Erick mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak, bangsa yang terkenal kaya akan budaya, penuh sejarah dengan masyarakat kekeluargaan yang kerja keras.



“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” ujarnya.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai keluarga,” ungkapnya.

Rangkaian acara diawali dengan kebaktian lalu mangalahat horbo dipadu iringan tor tor. prosesi dihadiri keluarga Sidabutar di Tomok.

Orangtua Angkat Erick, Harry Boss Sidabutar sekaligus ketua panitia Tao Toba Heritage Fest mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Menteri BUMN itu telah memilih Sidabutar menjadi marganya.

“Saat ini Erick telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke 4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga Marga Sidabutar ke 8” katanya.

Sementara itu,Ketua Umum Pospera,Mustang Bonaventura Manurung dalam kata sambutan nya menyampaikan sejak hari ini Erick Thohir harus menambahkan marga di namanya.

“Menteri harus memanggil saya tulang, dan Erick merupakan bere saya” jelasnya.

Acara mangain anak ini juga turut dihadiri Sekjen Pospera, Adian Napitupulu, Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan sejumlah staff BUMN.

Usai dilakukan upacara adat pengangkatan anak dan pemberian marga, dilakukan juga mangalahat horbo, dimana merupakan ritual tertua suku batak toba. Mangalahat horbo merupakan ritual agung suku batak dan bentuk rasa sukur kepada leluhur.

Di akhir Erick Thohir Sidabutar, mengatakan sebagai orang batak dirinya akan membangun kampung halaman nya Samosir.

“Nanti kita akan bangun museum batak di Samosir,guna kemajuan pariwisata yang ada disini” katanya. *** Diurnawan

Continue Reading

Ragam

Soal Tudingan Miring, Kabareskrim : Kematian Brigadir Yoshua Aja Mereka Tutupi

Pantausidang, Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto akhirnya bersuara terkait testimoni Aiptu Ismail Bolong dan beredarnya LHP DivPropam yang menyebut dirinya menerima setoran dari hasil tambang ilegal di Kalimantan Timur, Jumat (25/11/2022).

Melalui keterangan tertulisnya kepada awak media, Komjen Agus menyampaikan tanggapannya terkait isu yang beredar di ruang publik yang menyeret namanya.

“Saya ini penegak hukum, ada istilah bukti permulaan yang cukup dan bukti yang cukup, maklum lah kasus almarhum Brigadir Yoshua aja mereka tutup-tutupi”, ujarnya.

Continue Reading

Ragam

Polda Sumut Salurkan 10.000 Paket Bansos Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Pantausidang, Medan – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) akan menyalurkan 10.000 paket bansos dari Kapolri dan Kapolda Sumut kepada masyarakat yang kurang mampu.

Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan paket sembako dari Kapolri yang akan disalurkan berupa beras dan sembako tambahan dari Kapolda Sumut.

“Polda Sumut telah menyalurkan bantuan sosial dari Kapolri berupa beras dan dari Kapolda Sumut sembako tambahannya seperti gula, minyak goreng dan mie instan,” ujar Hadi, Jumat (25/11/2022).

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

646,065,431
Kasus
6,636,120
Meninggal Dunia
624,572,707
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,650,244
  • Meninggal Dunia: 159,676
  • Sembuh: 6,429,987