Connect with us

Ragam

Kakanwil dan Rektor se-Sumatera dan Banten Ikut Sosialisasi KMA 788

Kakanwil berharap melalui SPBE, aplikasi tersebut dapat dirampingkan dan Kementerian Agama punya sistem yang efektif sehingga masyarakat bisa mengakses

Pantausidang, Medan – Staf Khusus Menteri Agama RI Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo buka acara Sosialisasi Keputusan Menteri Agama Nomor 788 Tahun 2021,

Tentang Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kementerian Agama pada Kanwil Kemenag Provinsi dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se Sumatera dan Banten, Jumat, 5 Agustus 2022.

Stafsus menyampaikan pentingnya digitalisasi karena hampir semua sektor membutuhkan teknologi informasi.

Ia mengatakan SPBE sebagai terobosan dan implikasi pelayanan masyarakat dengan cepat dan efektif.

“Kementerian Agama dengan begitu banyak satker yang berhubungan dengan 2 tugas dan fungsi utama, yakni pendidikan dan keagamaan.”

“Dimana di dalamnya masyarakat menuntut keserbacepatan dalam memberikan pelayanan dan kita juga dituntut untuk mempercepat proses SPBE,” kata Wibowo.

Ia juga mengatakan bahwa SPBE merupakan implikasi dari salah satu program prioritas Gusmen yaitu transformasi digital.

SPBE, kata Wibowo, bukan hanya untuk memudahkan masyarakat, namun memberi arah dan panduan seberapa jauh transformasi dilakukan secara efektif.

“Kita sudah punya payung hukum untuk melaksanakan tugas ini.

“SPBE bukan hanya untuk memudahkan pelayanan masyarakat,”

“namun juga memberi arah dan panduan agar informasi disampaikan secara efektif,” ujarnya.

Sementara itu, Kakanwil  Kemenag Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag mengatakan perkembangan zaman membuat semua orang harus siap untuk membangun peradabannya.

Kakanwil juga mengatakan hampir seluruh peserta mempunyai aplikasi di setiap tugas masing-masing.

Kakanwil berharap melalui SPBE, aplikasi tersebut dapat dirampingkan dan Kementerian Agama punya sistem yang efektif sehingga masyarakat keseluruhan bisa mengakses dengan mudah.

Kepala Biro Humas dan Informasi Kementerian Agama RI sebagai penyelenggara kegiatan mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut merupakan mandatori undang-undang yang harus diterapkan.

“Kita masuk di era globalisasi dimana seluruh informasi dengan cepat didapat. Maka sosialisasi SPBE ini adalah mandatori UU agar digunakan di satuan kerja masing-masing sebagai bagian dari pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Kabiro.

Sosialisasi KMA Nomor 788 Tahun 2021 dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama se Sumatera dan Banten, Rektor PTKN se Sumatera dan Banten,

Kepala Biro PTKN se Sumatera dan Banten, Kepala Bagian Tata Usaha, Sub Koordinator Umum dan Humas. *** Diurnawan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Bertemu Ketua RW se Jakbar, Kapolda pesan Pertahankan Budaya Lokal

Pantausidang, Jakarta – Kepolisian Daerah (Polda) Metro bersama dengan Polres Jakarta Barat menggelar pertemuan dengan para ketua rukun warga (RW) se-Jakarta Barat.

Acara yang bertajuk ‘Guyub Ketua Rukun Warga Se-Jakarta Barat’ tersebut berlangsung di Grand Ballroom Hao Di Fang Season City, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (4/2/2023).

Kapolda metro jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan RW sangat berperan penting untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang ada.

Continue Reading

Ragam

Lembur Tak Dibayar, Pemerintah Turun Tangan

Haiyani menjelaskan, dari hasil pemeriksaan juga didapati adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur yang terjadi sejak September 2022

Pantausidang, Jakarta —Pemerintah melalui Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Jawa Tengah, Mediator Hubungan Industrial Disnaker Grobogan, dan Polres Grobogan memeriksa PT SAI Apparel Idustries di Grobogan, Jawa Tengah, terkait video viral pekerja yang tidak dibayar gaji lemburnya. Pemeriksaan dilakukan pada Jumat (3/2/2023).

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan Haiyani Rumondang mengatakan, hasil pemeriksaan Tim di lapangan benar terjadi ada adu mulut antara pekerja a.n Erma dengan TKA asal India a.n Shanji.

“Pihak TKA telah meminta maaf dan selanjuntnya akan dipanggil Polres Grobogan. Sementara pekerja menyatakan akan menghormati peraturan perusahaan yang berlaku,” kata Haiyani melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Sabtu (4/3/2023).

Haiyani menjelaskan, dari hasil pemeriksaan juga didapati adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur yang terjadi sejak September 2022.


Continue Reading

Ragam

Kapoldasu : Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat Merupakan Kewajiban.l

Pantausidang, Medan – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara, Irjen Pol Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak menyebutkan, memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat, merupakan kewajiban.

Kapoldasu mengatakan hal itu saat memberi sambutan pada acara penganugerahan hasil survei kepatuhan pelayanan publik di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara,di Medan Kamis (2/2).

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei kepatuhan Ombudsman RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara, 19 Polres di bawah kepemimpinan Irjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak sebagai Kapolda Sumut meraih zona hijau.

“Kita harus mau. Anda tidak tahu bahwa ini adalah kewajiban kita untuk memberi pelayanan publik kepada masyarakat,” ujarnya dihadapan para kapolres di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Jalan Sei Besitang Nomor 3 Medan .


Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

676,415,945
Kasus
6,773,425
Meninggal Dunia
648,914,469
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,731,304
  • Meninggal Dunia: 160,838
  • Sembuh: 6,566,404