Connect with us

Ragam

Trader di Brazil mengubur rencana buka kembali usaha Rumla

hasil kongsi dengan mitranya, Brasindo berhasil ekspor ke Brazil.Nilai kontrak rumput laut mencapai 3 juta dolar AS per tahun 2015 melibatkan tiga perusahaan.

Pantausidang, Jakarta  – Trader PT Brasindo Gum, Kim To (The Tjin To) di Sao Paulo Brazil akhirnya tetap ‘mengubur’ masa lalu dengan partner bisnis pengolahan rumput laut (rumla) yang dulunya beroperasional di Luwuk, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Setelah hampir tiga tahun tidak ‘mudik’ ke Indonesia karena covid-19, ia akhirnya bisa kembali ke Indonesia (pertengahan Agustus 2022).

Ia mengaku tidak akur dengan partner bisnis sejak 3-4 tahun yang lalu dan menelantarkan aset terutama mesin pengolahan rumla di pabriknya di Luwuk.

Selain ada persoalan bisnis lain, dan ia sempat mau temui konsultasi dengan Christina Aryani (Anggota DPR RI periode 2019-2024).

“Saya berkenalan dengan ibu Christina di Brazil. Coba minta bantuan karena dia kan anggota DPR,” Kim To mengatakan kepada Redaksi, Rabu (3/8/2022).

Aset bangunan pabrik pengolahan rumla Carrageenan Manufacturer PT Brasindo Gum di Desa Kyoan Luwuk.

Kondisi Perusahaan; awalnya dikelola bersama Kim To dengan mitra local yang masih ada hubungan saudara.


Periode tahun 2012 – 2018, hasil kongsi dengan mitranya, Brasindo berhasil ekspor ke Brazil.

Nilai kontrak rumput laut mencapai 3 juta dolar AS (per tahun 2015) yang melibatkan tiga perusahaan.

Kontrak tersebut terdiri dari 1,8 juta dolar AS untuk PT Brasindo Gum dengan Indobras Representacao Comercial.

Serta senilai 1,2 juta dolar AS antara PT Gumindo Perkasa Industri dan Indobras Represencao Comercial.

Perwakilan di Jakarta melalui salah satu rekannya, berkantor di Elok Plaza, Kedoya Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Rekannya tidak melanjutkan operasional pabrik karena mau fokus pada usaha keluarga (kontraktor, pengumpul hasil bumi Sulteng, dll) sejak tahun 2018, artinya pecah kongsi dengan Kim To.

Harga tanah yang terus meningkat, penetapan harganya langsung oleh Kim To dan rekannya. Kim To bermaksud mengambil kembali ‘saham’ yang sudah di investasi pada aset PT Brasindo.

Saat itu, rekannya masih mempertimbangkan rencana pengalihan seluruh saham yang dimiliki Kim To.

“Sejak pecah kongsi, saya pribadi berharap asset tanah, bangunan pabrik, dan mesin-mesin produksi bisa tetap berfungsi dengan baik,” kata Kim To.

Ia pernah berharap ada rekannya yang lain di Indonesia memediasi terkait dengan kongsi bersama bisnis rumla.

Sejak proses produksi berhenti, ia mengajukan dua opsi, menyewakan atau menjual seluruh asset.

“Dia (rekan bisnis) menyayangkan usaha (Brasindo) yang sudah dirintis dengan baik dan juga malu kalau sampai penduduk di sekitar lokasi pabrik tahu kondisinya (pecah kongsi),” ujar Kim To.

Ia berharap perpecahan kongsi dengan rekannya jangan sampai tersebar luas dan menjadi heboh. Kim To mengaku tidak rugi dengan realisasi ekspor rumla ke Brazil (2012 – 2018).

“Tidak rugi sih. Kami juga sempat bagi keuntungan. Tapi setelah pecah kongsi, mungkin ia (mitra/rekannya) mau kerja sendiri,” kata Kim To. *** Liu

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Kota Medan Siap Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2023

Pantausidang, Medan – Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diselenggarakan pada tanggal 9 Februari, didasari dengan lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, dan telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pers Indonesia sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Untuk Peringatan HPN tahun 2023 mendatang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN adalah kota Medan.

Ketua HPN, H Mirza Zulhadi mengatakan bahwa penyelenggaraan HPN di kota Medan mendatang, tetap mengagendakan beberapa program seperti seminar pers.

Continue Reading

Ragam

Polda Sumut Ungkap Penyelewengan BBM Ilegal di Perairan Belawan

Pantausidang, Medan – Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara berhasil mengungkap dugaan penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Perairan Laut Belawan, Senin (05/12/2022).

Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Hadi Wahyudi, S.H., S.I.K. mengatakan pengungkapan kasus ini bukan yang pertama kali oleh jajaran Ditpolairud Poldasu.

“Pengungkapan Tindak Pidana ini adalah sekian kalinya yang telah diungkap oleh jajaran Ditpolairud Polda Sumatera Utara dan Juga Baharkam Polri, Pengungkapan ini tentu berdampak positif bagi perekonomian Provinsi Sumatera Utara banyak Stakeholder lain yang dirugikan akibat Perbuatan Pidana yang dilakukan para Tersangka”, ucap Kombes Hadi.


Continue Reading

Ragam

KPK Anjurkan Pelaku Usaha Punya Izin Penggunaan Air Tanah, Agar Lepas dari Pidana

Pantausidang, Jakarta – Apakah Anda pelaku usaha yang menggunakan air tanah? Sudahkah Anda memiliki Izin Pengusahaan Air Tanah? Jika belum, segeralah mengajukannya karena ada sanksi pidana jika tidak memilikinya.

Hal tersebut dikatakan PLT Jubir KPK bidang pencegahan Ipi Maryati Kuding dalam keterangan tertulisnya , Senen 5 Desember 2022.

“Saat ini pengajuan Izin Pengusahaan Air Tanah sudah dipermudah dan tersedia secara online melalui Online Single Submission (OSS),” ujarnya.

Untuk itu pihaknya mengajak untuk menyimak dan berperan seta dalam diskusi Publik yahg bertajuk “Penyelenggaraan perijinan pengusahaan Air Tanah Demi Kepastian Berusaha.”

Adapun diskusi digelar hari Senen, 5 Desember 2022 pukul 14.00 sampai selesai, di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung Provinsi Jawabarat.

Atau dapat menyimak di Link Youtube:
https://www.youtube.com/watch?v=icnpUFMaZdk

*** Red (Rilis Humas KPK).

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,728,309
Kasus
6,648,908
Meninggal Dunia
627,502,965
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450