Connect with us

Ragam

Kapoldasu Fasilitasi Penyerahan Tanah Ompu Buntulan Manurung

Pantausidang, Toba – Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Kapoldasu) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak didampingi Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Idianto, SH, MH menyerahkan fotokopi surat dari keturunan Ompu Buntulan Manurung.

Berisi penyerahan tanah seluas 100 Ha lebih kepada pihak Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Penyerahan fotokopi surat untuk mendukung pembangunan pariwisata ini diterima oleh Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Direktur BPODT Jimmy Bernando Panjaitan

Dalam acara sederhana di Ruang Panatapan Rumah Dinas Bupati Toba ,Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Kamis (15/9/2022).

Sebelumnya, kenapa yang diserahkan masih fotokopi, menurut Kapoldasu Panca, pihak Ompu Buntulan Manurung melalui Managam Manurung telah melakukan pertemuan di kantornya.

Saran dari Kapoldasu agar Managamlah yang memberikan secara resmi suratnya kepada BPODT dan Pemkab Toba.


“ Nanti agar dibuat acara pesta adat sebagai penyerahan tanah ini, “kata Kapoldasu Panca yang dikenal memiliki kampung halaman di Balige ini.

Pihak Ompu Buntulan dalam suratnya ,lanjut Kapoldasu juga menyertakan beberapa permintaan diantaranya agar BPODT mempekerjakan warga keturunan Ompu Buntulan, mengukur ulang luas tanah dan membangun jalan di sekitar lokasi.

Disebutkan juga bahwa keturunan Ompu Buntulan telah diputuskan Pengadilan Negeri Balige pemilik sah atas tanah seluas 106,9 Ha tanah Lajangan di Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.

Menyusul hasil putusan ini, pihak Ompu Buntulan pun kemudian beritikad baik dengan membuat surat penyerahan tanah kepada pembangunan pariwisata melalui BPODT.

Kajatisu Idianto dalam kesempatan ini mengapresiasi langkah positif Kapoldasu yang berinisiatif melakukan pendekatan secara kekeluargaan hingga terealisasi surat penyerahan tanah untuk pembangunan pariwisata ini.

Kepada jajarannya, Kajatisu Idianto menyampaikan agar pihak Kejaksaan Negeri Balige di bawah pimpinan Samsul Kasim, SH, MH agar turut mengawal proses penyerahan surat ini.

Menanggapi langkah awal yang baik ini, Bupati Poltak Sitorus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapoldasu dan semua pihak dimana selanjutnya dengan pendampingan Forkopimda Kabupaten Toba diharapkan proses selanjutnya dilaksanakan dengan secepatnya.

Hadir memberikan keterangan soal lahan,Simon Sitorus yang juga sebagai fasilitator pertemuan Managam Manurung sebagai keturunan Op Buntulan Manurung dengan Kapoldasu untuk membantu penyerahan lahan milik Keturunan Ompu Buntulan Manurung.

Turut hadir Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak,Sekdakab Toba Augus Sitorus,Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb S.ik SH, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra, Pimpinan OPD Kabupaten Toba, Camat Ajibata Robert Manurung, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno P.Samosir, dan Kabid PIKP Rikardo Simamora.

Seusai acara, Kapoldasu, Kajatisu, Bupati Toba, Wabup Toba dan rombongan melakukan peninjauan lokasi Boat Race F1 H2O di sekitar tepi Danau Toba di dekat Lapangan Sisingamangaraja XII Balige.

Pada saat peninjauan, Kapolda Sumut menyapa masyarakat Toba dan para pedagang yang ada di lokasi tersebut.

Kapolda Sumut juga membeli dagangan para pedagang yang ada di lokasi peninjauan tersebut. *** Diurnawan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Pertama kali, KPK Resmi Rekrut 50 CPNS baru

Pantausidang, Jakarta – Sebanyak 50 CPNS lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN) menjadi CPNS angkatan pertama yang bergabung langsung dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Para lulusan dengan disiplin ilmu keuangan ini direkrut melalui kerja sama yang telah terjalin sebelumnya antara KPK dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Selamat datang, selamat bergabung dengan kami pejuang-pejuang Indonesia. Semangat! Lima puluh orang ini merupakan darah segar bagi KPK,” ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Continue Reading

Ragam

Papdesi : Harmonisasi 21 Undang Undang dengan UU Desa, Lebih Penting Ketimbang 9 tahun Jabatan Kades

Ketua Umum Papdesi, Wargiyati menegaskan revisi diperlukan karena banyak peraturan yang tumpang tindih antara pemerintah pusat dengan Desa

Pengurus DPP PAPDESI soal Revisi UU Desa

Pantausidang, Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi), meminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera mensahkan Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Ketua Umum Papdesi, Wargiyati menegaskan bahwa revisi diperlukan karena banyak peraturan yang selama ini tumpang tindih antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Oleh sebab itu banyak permasalahan yang terjadi karena adanya multitafsir.

“Karena itu, kami mendesak agar Revisi UU Desa masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2023. Dengan demikian pemerintah dan DPR RI dapat segera membahas dan mengesahkan revisi UU Desa,” katanya.


Continue Reading

Ragam

Warga Batu Ampar Bali Sambangi Kantor Watimpres, Adukan Penyerobotan Lahan

Bambang Slamet Riyadi (Kiri) dan Nyoman Tirtawan (Kanan)/foto istw.

Pantausidang, Jakarta – Perjuangan warga Dusun Batu Ampar, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali untuk memperoleh kembali tanah mereka tak pernah pupus. Kali ini mereka mengadu ke Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Rabu (1/2/2023).

Nyoman Tirtawan salah seorang perwakilan warga yang menyambangi kantor Wantimpres di Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, mengaku diterima oleh Tim Ahli Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Politik Hukum dan Agraria Dr. Bambang Slamet Riyadi, SE.,SH.,MH.,MM.

“Kami melaporkan kepada tim ahli hukum Wantimpres, ada Bapak Bambang Slamet Riyadi, kami 55 warga Batu Ampar yang memiliki bukti kepemilikan tanah dan membayar pajak dari dulu sampai sekarang namun mereka diusir dan tanah mereka dicaplok dan dibangun hotel di atas tanah mereka,” katanya.

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

676,083,074
Kasus
6,770,364
Meninggal Dunia
648,389,084
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,730,778
  • Meninggal Dunia: 160,826
  • Sembuh: 6,565,684