Connect with us

Ragam

MABMI Gelar Peringatan Maulid Nabi 1444 H

Sekretaris Umum PB MABMI Dr.H.Milhan Yusuf,MA menyampaikan sambutan pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H

Pantausidang, Medan – Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI) melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 di Kantor PB MABMI Jl Brigjen Katamso Medan,Jumat malam (21/10/2022).

Ratusan Pengurus dan Anggota MABMI hadir diantaranya Sekretaris Umum PB MABMI Dr.H.Milham Yusuf,MA,Wakil Sekretaris Syahril Tambusai, unsur pengurus PB, PW Zaidan BS,OK Azhari, Tarbiyah Hakim, Edi Syahputra Sormin, Khairul Muslim, Usron Putra, Irian Nasution, M.Nasir.

Peringatan Maulid Nabi diawali pembacaan Al Qur’an oleh Ahmad Husin. pembacaan doa oleh H.Syarifuddin Elhayat.

Ketua Umum PB MABMI Dato’ Seri H.Syamsul Arifin,SE dalam sambutannya diwakili Sekretaris Umum Dr.H.Milhan Yusuf,MA mengatakan,peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan setiap tahun jangan bersifat seremonial.

“Bagaimana kita umat Islam dapat menjadi contoh tauladan “uswah” sebagaimana akhlak Nabi Muhammad SAW dan dapat kita praktekkan baik dari aspek ibadah maupun perilaku kita sehari-hari,” ujarnya.

“Sifat jujur,amanah,berakhlak harus dapat kita tunjukkan terlebih-lebih terjadinya dekadensi moral saat ini,” katanya.

Dia menyatakan, tentunya ,sebagai organisasi Melayu, jajaran MABMI harus dibarisan terdepan, menjadi contoh terdepan memperaktekkan perilaku atau akhlak yang ditunjukkan Nabi Muhammad SAW.

Wakil Sekretaris PB MABMI Syahril Tambusai kepada mengatakan,PB MABMI terus melakukan konsolidasi organisasi.

Pada Oktober , telah melantik PW MABMI DKI Jakarta,November akan melantik PW MABMI Bangka Belitung , awal 2023 akan melantik PW MABMI Bali.

“PB MABMI tetap melaksanakan kegiatan seperti olah raga,seni dan. lainnya pertemuan-pertemuan dengan PW dan PD dalam rangka memperkuat silaturrahmi , kebersamaan, persaturan dan kesatuan,” ujar Syahril.

Sementara itu, Ustaz Dr.H.Syakira Zandi dalam ceramahnya mengatakan, dalam kontek kepemimpinan maka Nabi Muhammad SAW menjadi contoh terbaik dalam memimpin umat.Sebelum diangkat menjadi Rosululloh, integritas Nabi Muhammad memang sudah ditempah dan diuji dalam berbagai situasi.

Menurutnya pergerakan Nabi Muhammad dalam menjalankan dakwah dan membawa umat dalam kebenaran memang tidak mudah.

Berbagai halangan,tantangan,cobaan dihadapi Nabi Muhammad namun beliau pantang menyerah menegakkan tauhid, syariat Islam dan kebenaran.

“Semangat pantang menyerah untuk menegakkan kebenaran Islam menjadi contoh bagi umat Islam,” kata Syakira.

Dan sebagai wujud kecintaannya kepada Rasulullah Syakira mengajak umat Islam melanjutkan risalah dan perjuangan Nabi Muhammad SAW menegakkan kebenaran di dunia ini.

“Kemudian kebiasaan (akhlak) Rosululloh dalam aktivitas sehari-harinya harus kita contoh seperti mau tidur dan buang air kecil sekalipun,” ujarnya.

Ketua Panitia H.Jamaluddin menyampaikan terima kasih atas kebersamaan jajaran pengurus MABMI menghadiri peringatkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H sehingga dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.*** Diurnawan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Bermarga Sidabutar

Pantausidang, Samosir – Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menyandang marga Sidabutar. Peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar dilakukan lewat upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (26/11/2022).

Acara peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar, merupakan rangkaian kegiatan dari Menteri BUMN Erick Thohir, pada acara Tao Toba Heritage Fest untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba.

Dalam kesempatan itu, Erick mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak, bangsa yang terkenal kaya akan budaya, penuh sejarah dengan masyarakat kekeluargaan yang kerja keras.



“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” ujarnya.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai keluarga,” ungkapnya.

Rangkaian acara diawali dengan kebaktian lalu mangalahat horbo dipadu iringan tor tor. prosesi dihadiri keluarga Sidabutar di Tomok.

Orangtua Angkat Erick, Harry Boss Sidabutar sekaligus ketua panitia Tao Toba Heritage Fest mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Menteri BUMN itu telah memilih Sidabutar menjadi marganya.

“Saat ini Erick telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke 4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga Marga Sidabutar ke 8” katanya.

Sementara itu,Ketua Umum Pospera,Mustang Bonaventura Manurung dalam kata sambutan nya menyampaikan sejak hari ini Erick Thohir harus menambahkan marga di namanya.

“Menteri harus memanggil saya tulang, dan Erick merupakan bere saya” jelasnya.

Acara mangain anak ini juga turut dihadiri Sekjen Pospera, Adian Napitupulu, Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan sejumlah staff BUMN.

Usai dilakukan upacara adat pengangkatan anak dan pemberian marga, dilakukan juga mangalahat horbo, dimana merupakan ritual tertua suku batak toba. Mangalahat horbo merupakan ritual agung suku batak dan bentuk rasa sukur kepada leluhur.

Di akhir Erick Thohir Sidabutar, mengatakan sebagai orang batak dirinya akan membangun kampung halaman nya Samosir.

“Nanti kita akan bangun museum batak di Samosir,guna kemajuan pariwisata yang ada disini” katanya. *** Diurnawan

Continue Reading

Ragam

Soal Tudingan Miring, Kabareskrim : Kematian Brigadir Yoshua Aja Mereka Tutupi

Pantausidang, Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto akhirnya bersuara terkait testimoni Aiptu Ismail Bolong dan beredarnya LHP DivPropam yang menyebut dirinya menerima setoran dari hasil tambang ilegal di Kalimantan Timur, Jumat (25/11/2022).

Melalui keterangan tertulisnya kepada awak media, Komjen Agus menyampaikan tanggapannya terkait isu yang beredar di ruang publik yang menyeret namanya.

“Saya ini penegak hukum, ada istilah bukti permulaan yang cukup dan bukti yang cukup, maklum lah kasus almarhum Brigadir Yoshua aja mereka tutup-tutupi”, ujarnya.

Continue Reading

Ragam

Polda Sumut Salurkan 10.000 Paket Bansos Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Pantausidang, Medan – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) akan menyalurkan 10.000 paket bansos dari Kapolri dan Kapolda Sumut kepada masyarakat yang kurang mampu.

Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan paket sembako dari Kapolri yang akan disalurkan berupa beras dan sembako tambahan dari Kapolda Sumut.

“Polda Sumut telah menyalurkan bantuan sosial dari Kapolri berupa beras dan dari Kapolda Sumut sembako tambahannya seperti gula, minyak goreng dan mie instan,” ujar Hadi, Jumat (25/11/2022).

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

646,065,431
Kasus
6,636,120
Meninggal Dunia
624,572,707
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,650,244
  • Meninggal Dunia: 159,676
  • Sembuh: 6,429,987