Connect with us

Ragam

Persaja, Kajati dan IAD Banten Gelar Operasi Katarak dan Hernia Gratis

Kabid Humas Persaja Leo Simanjuntak mengatakan, kegiatan merupakan realisasi arahan Jaksa Agung bahwa seluruh Jaksa harus selalu peduli terhadap masyarakat

Pantausidang, Banten – Bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Propinsi Banten, Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja), Kejaksaan Tinggi Banten dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Banten, menyelenggarakan acara bakti sosial berupa operasi katarak dan hernia gratis.

Kegiatan dengan tema “Bhakti Adhyaksa untuk Indonesia Sehat” tersebut,  berlangsung  sejak 24 September 2022 s/d 25 September 2022.

Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak, yang juga selaku Kabid Humas Persaja mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk realisasi dari arahan Jaksa Agung ST Burhanuddin yakni bahwa seluruh Jaksa di Indonesia harus selalu peduli terhadap masyarakat.


“Atas bimbingan dan petunjuk Bapak Jaksa Agung, Persaja bersama dengan Kejaksaan Tinggi Banten dan IAD Wilayah Banten menyelenggarakan bakti sosial ini bagi masyarakat Banten yang tidak mampu.”

“Adapun kegiatan ini merupakan agenda Hari Bhakti Adhyaksa Tahun 2022 dan Peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2022 lalu,” ujarnya.

Adapun jumlah pasien yang telah menjalani operasi katarak dan hernia sebanyak 224 orang pasien yang terdiri dari pasien katarak sejumlah 214 orang pasien dan 10 orang pasien hernia.

Kajati Banten dan Ketua IAD Ny. Friska Leonard Simanjuntak memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pj Gubernur Provinsi Banten, para Bupati dan Walikota di Provinsi Banten,

Direktur RSUD Banten dr. Danang Hamsyah Nugroho, para Relawan yang ditujukan kepada Andreas Sofiandi dari Himpunan Bersatu Teguh selaku Koordinator Tim Medis pada pelaksanaan Operasi Katarak dan Hernia,

dan Direktur Corporate Affairs di Erha Clinic Andreas Bayu Aji selaku Koordinator Tim Medis pada pelaksanaan Operasi Katarak dan Hernia di Provinsi Banten.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan terima kasih kepada Jaksa Agung beserta jajaran yang telah menginisiasi acara bakti berupa operasi katarak dan hernia secara gratis. Menurutnya, kegiatan bakti sosial ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Banten.

“Kami mendukung penuh terselenggaranya kegiatan ini dengan memfasilitasi kesiapan rumah sakit dan tenaga kesehatan,” katanya.

Senada dengan Pj Gubernur Banten, para pasien yang mengikuti bakti sosial tersebut juga berterima kasih kepada Jaksa Agung beserta jajaran.

Berkat operasi katarak dan hernia secara gratis ini, masyarakat menjadi sangat terbantu sehingga keadaannya dapat pulih dan sehat seperti sedia kala.*** Red/Rilis.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”



“Selain itu, saya mengapresiasi Kejaksaan Agung dalam penanganan perkara Paniai di Papua yang luar biasa. Terakhir perkara Abepura Papua pada tahun 2005 yang sudah hampir 17 tahun itu adalah prestasi tersendiri dari Jaksa Agung saat ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Ketua Komnas HAM menyampaikan kedepannya, akan melakukan penelitian terhadap kasus-kasus lain guna menemukan solusinya.

Ketua Komnas HAM juga mengatakan bahwa perlunya membangun koordinasi dengan memaksimalkan ekspose/ gelar perkara yang melibatkan tim dari Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) sebelum disampaikan ke publik.



Oleh karenanya, Ketua Komnas HAM menyampaikan bahwa harus dibangun komunikasi yang baik dan berharap diadakan pelatihan penyelidikan serta penyidikan di Kejaksaan.

“Tahun 2004, kami dengan Direktorat Pelanggaran HAM Berat Kejaksaan Agung telah membuat unsur pasal-pasal yang ada dalam UU tentang HAM.

“Pada intinya adalah komunikasi yang efektif dan baik. Lalu dalam penanganan tindak pidana pelanggaran HAM,”

“juga kita dorong untuk bekerjasama dengan Kejaksaan Agung dan penegakan hukum penyandang disabilitas berhadapan dengan hukum perlu dibuatkan aturan khusus oleh Jaksa Agung sebagaimana akses penegakan hukum bagi perempuan dan anak,” ujar Ketua Komnas HAM.

Sementara itu, Jaksa Agung ST Burhanuddin menyampaikan terima kasih atas kehadiran beberapa komisioner yang menjadi salah satu bentuk koordinasi awal yang baik karena

“hasil penyelidikan dan penyidikan yang baik, akan menghasilkan penuntutan yang baik,” ujarnya.

Jaksa Agung juga mengatakan bahwa akan dibentuk penghubung karena penyelesaian perkara adalah tanggung jawab bersama, sebab kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri dan harus ada kolaborasi sejak awal.

“Kami juga tidak mau ada bolak balik berkas perkara, dan oleh karenanya harus ada solusi apalagi penanganan perkara HAM berat sangat menarik perhatian masyarakat. Kami menyadari lembaga ini bukan lembaga yang sempurna, sehingga perlu bersinergi berkolaborasi ke depan dalam rangka menyampaikan ide-ide dan gagasan,” katanya.

Jaksa Agung menyambut baik apabila sudah adanya komunikasi di tahap penyelidikan awal dengan gelar perkara tidak terikat dengar protokol administratif dan formalitas dimana semua bisa dikomunikasikan dengan baik.

Dalam meningkatkan kapasitas SDM Penyelidik dan Penyidik serta penyamaan persepsi dalam penanganan perkara, maka perlu dilakukan pendidikan bersama dan sharing knowledge secara berkala.

Hadir dalam pertemuan silaturahmi ini yaitu Jaksa Agung Muda Intelijen Amir Yanto, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Febrie Adriansyah, Sekretaris Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Direktur Penuntutan pada JAM PIDSUS Hendro Dewanto, dan Kepala Pusat Penerangan Hukum Ketut Sumedana,

Wakil Ketua Eksternal Abdul Haris Semendawai, Wakil Ketua Internal Pramono Ubaid Tantowi, Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Putu Elvina, Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM Anis Hidayah, Komisioner Pengkajian dan Penelitian Saurlin P. Siagian, Koordinator Subkomisi Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, dan Komisioner Pengaduan Hari Kurniawan. *** Red (Rilis)

Continue Reading

Ragam

Kota Medan Siap Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2023

Pantausidang, Medan – Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diselenggarakan pada tanggal 9 Februari, didasari dengan lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, dan telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pers Indonesia sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Untuk Peringatan HPN tahun 2023 mendatang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN adalah kota Medan.

Ketua HPN, H Mirza Zulhadi mengatakan bahwa penyelenggaraan HPN di kota Medan mendatang, tetap mengagendakan beberapa program seperti seminar pers.

Continue Reading

Ragam

Polda Sumut Ungkap Penyelewengan BBM Ilegal di Perairan Belawan

Pantausidang, Medan – Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara berhasil mengungkap dugaan penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Perairan Laut Belawan, Senin (05/12/2022).

Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Hadi Wahyudi, S.H., S.I.K. mengatakan pengungkapan kasus ini bukan yang pertama kali oleh jajaran Ditpolairud Poldasu.

“Pengungkapan Tindak Pidana ini adalah sekian kalinya yang telah diungkap oleh jajaran Ditpolairud Polda Sumatera Utara dan Juga Baharkam Polri, Pengungkapan ini tentu berdampak positif bagi perekonomian Provinsi Sumatera Utara banyak Stakeholder lain yang dirugikan akibat Perbuatan Pidana yang dilakukan para Tersangka”, ucap Kombes Hadi.


Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,740,371
Kasus
6,648,986
Meninggal Dunia
627,510,222
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450