Connect with us

Ragam

Jaksa Agung: Profesionalisme Bukan Saja diterapkan diorganisasi, Melainkan Setiap Anggota

Menurut Jaksa Agung, profesionalisme pada setiap anggota tidak mungkin diperoleh secara cuma-cuma, melainkan harus diraih dengan peningkatan mutu

Pantausidang, JakartaJaksa Agung RI Burhanuddin menegaskan bahwa profesionalisme itu bukan saja diterapkan pada organisasi, melainkan harus diterapkan terhadap setiap diri para anggota organisasinya.

Hal itu disampaikan pada peringatan Hari Ulang Tahun XXII Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Tahun 2022, yang bertema: Profesionalisme Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Mendukung Pemulihan Ekonomi.

“Profesionalisme dalam hal ini tidak hanya diterapkan terhadap organisasi semata, namun hal tersebut menjadi penting untuk diterapkan kepada masing-masing diri setiap anggota, karena pada prinsipnya suatu organisasi dapat bergerak atas dasar kehendak dan pemikiran dari para anggotanya,” ucap Burhanuddin kepada wartawan, Jl. Sultan Hasanuddin l Jakarta Selatan, Kamis, 21 Juli 2022.

Menurut Jaksa Agung, profesionalisme pada setiap anggota tidak mungkin diperoleh secara cuma-cuma, melainkan harus diraih dengan peningkatan mutu, kualitas dan sikap secara berkesinambungan.

“Sehingga memenuhi standar kerja, moral dan etika yang berlaku dalam organisasi IAD,” ujarnya.

Dia juga menuturkan, bahwa anggota IAD yang profesional akan mengetahui dengan baik, apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya, sebagai bagian dari organisasi, melalui internalisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi.

Kemudian, mengerti kapan harus bertindak sebagai ibu yang memberikan kasih sayang serta mendidik anak-anaknya.

“Serta memahami dengan baik bagaimana harus bersikap sebagai istri penegak hukum untuk menjaga dan mempertahankan keluhuran martabat Kejaksaan di masyarakat,” tuturnya.

Atas dasar tersebut, kata Burhanuddin, IAD akan sangat membantu institusi dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Dimana saat ini kita masih hidup di tengah-tengah situasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dalam situasi saat ini, menurut Jaksa Agung, mengakibatkan terganggunya roda perekonomian masyarakat khususnya terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sebagaimana kita ketahui bahwa UMKM merupakan suatu kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja, dan dapat berperan dalam proses pemerataan, peningkatan pendapatan masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, yang pada akhirnya berperan besar dalam mewujudkan stabilitas ekonomi nasional.

“Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian rakyat,” sambung Jaksa Agung.

Jaksa Agung mengungkapkan, untuk dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional tidaklah mudah. Karena diperlukan semangat, etos kerja yang baik, dan yang terpenting profesionalisme dalam pelaksanaannya.

Wujud nyata dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti halnya pemberdayaan UMKM di satuan kerja masing-masing.

“Dalam situasi masyarakat yang mengalami berbagai krisis dan kekurangan, kita perlu mempunyai kepedulian tinggi baik kepada tetangga dan masyarakat di sekitarnya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Kejaksaan telah melakukan serangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun XXII Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Tahun 2022.

Menurut Jaksa Agung, hal terpenting adalah kepedulian para anggotanya dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi keluarga dan masyarakat.

Di samping itu, IAD juga dapat mendukung jajaran Kejaksaan turut menggalakkan penggunaan produk lokal, pemberdayaan UMKM.

“Walaupun kecil tetapi dapat berkontribusi untuk pemulihan ekonomi masyarakat, sehingga dampaknya membantu ekonomi nasional,” pungkasnya.

Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ny. Sruning Burhanuddin menyampaikan, sejak tahun 2020 pada masa pandemi Covid-19 sampai dengan sekarang ini, bangsa Indonesia sedang bangkit untuk memulihkan kembali berbagai sisi kehidupan bangsa yang terganggu akibat pandemi Covid-19.

“Sepatutnyalah kita sebagai anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yang juga warga negara yang baik ikut peduli atas kondisi ekonomi bangsa ini. Kita harus mampu menunjukkan peran serta dan dedikasi kita untuk bangsa dan negara yang tercinta,” ucap Ketum IAD.

Atas dasar itulah, IAD menetapkan tema dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-22 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tahun 2022 yaitu “Profesionalisme Ikatan Adhyaksa Dharmakarini mendukung pemulihan ekonomi”.

Menurutnya, tema tersebut sangat penting dan relevan melihat kondisi bangsa Indonesia saat ini.

“Kepedulian kita semua sangat dibutuhkan untuk menguatkan sendi-sendi kehidupan bangsa,” tukasnya. ***Muhammad Shiddiq

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”


Continue Reading

Ragam

Kota Medan Siap Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2023

Pantausidang, Medan – Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diselenggarakan pada tanggal 9 Februari, didasari dengan lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, dan telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pers Indonesia sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Untuk Peringatan HPN tahun 2023 mendatang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN adalah kota Medan.

Ketua HPN, H Mirza Zulhadi mengatakan bahwa penyelenggaraan HPN di kota Medan mendatang, tetap mengagendakan beberapa program seperti seminar pers.

Continue Reading

Ragam

Polda Sumut Ungkap Penyelewengan BBM Ilegal di Perairan Belawan

Pantausidang, Medan – Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara berhasil mengungkap dugaan penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Perairan Laut Belawan, Senin (05/12/2022).

Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Hadi Wahyudi, S.H., S.I.K. mengatakan pengungkapan kasus ini bukan yang pertama kali oleh jajaran Ditpolairud Poldasu.

“Pengungkapan Tindak Pidana ini adalah sekian kalinya yang telah diungkap oleh jajaran Ditpolairud Polda Sumatera Utara dan Juga Baharkam Polri, Pengungkapan ini tentu berdampak positif bagi perekonomian Provinsi Sumatera Utara banyak Stakeholder lain yang dirugikan akibat Perbuatan Pidana yang dilakukan para Tersangka”, ucap Kombes Hadi.


Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,740,371
Kasus
6,648,986
Meninggal Dunia
627,510,222
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450