Connect with us

Ragam

MMC Pastikan Penjelasan mengenai Komunikasi dengan Bupati Morotai sebelum Insiden

Aparat satpol PP (pamong praja) pulau Morotai yang sempat datangi dan ditolak karyawan MMC. Aparat sempat mengambil paksa salah satu mesin operasional budidaya mutiara dan ikan kerapu

Pantausidang, Morotai – Direktur perusahaan budidaya mutiara dan ikan di kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara PT Morotai Marine Culture (MMC), Sutrisno Sukendy tidak menutup diri, sebaliknya intens membangun komunikasi yang baik dengan bupati Rusli Sibua (2011 – 2016) dan jajarannya.

Penjelasan sebelumnya melalui aplikasi WhatsApp dengan Redaksi, Sutrisno mengaku tidak sanggup komunikasi dengan Rusli Sibua.

“Tapi bukan berarti kami menutup diri. Kami sudah menjalin komunikasi dengan Rusli sejak masa kampanye Pilkada Pulau Morotai,” Sutrisno mengatakan kepada Redaksi melalui chat WhatsApp.

insiden perusakan dan penjarahan aset perusahaan budidaya mutiara dan ikan PT Morotai Marine Culture (MMC) tahun 2012 – 2013 yang silam


Kilas balik insiden perusakan dan penjarahan aset perusahaan budidaya mutiara dan ikan PT Morotai Marine Culture (MMC) tahun 2012 – 2013 yang silam, direkturnya melihat ada beberapa aspek yang menjadi pembelajaran untuk tidak terulang kembali.

“Sebetulnya, (komunikasi tidak efektif) bukan hanya kami yang tidak sanggup, perusahaan asal China dan Vietnam, dua duanya minggat pada November dan Desember 2011,” kata Sutrisno yang sehari-harinya beraktivitas di Surabaya, Jawa Timur.

Perjalanan karir Rusli pada pemerintahan hanya berlangsung 4 tahun. Karena pada pertengahan tahun 2015, Rusli harus menghadapi masalah hukum, setelah ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus suap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar tahun 2011.

Dari video yang diterima Redaksi, kelihatan oknum massa sempat merangsek ke area kantor/lahan usaha budidaya mutiara dan ikan.

“(insiden) hari minggu, bukan hari kerja. Hari jumat, aparat satpol PP (pamong praja) sempat datang dan ditolak karyawan (MMC). Tapi karena tidak ingin terjadi korban, kami arahkan untuk jangan melakukan perlawanan kalau (satpol PP) datang lagi,” kata Sutrisno.


Aksi anarkis perusakan fasilitas, sarana prasarana produksi MMC di Pulau Ngelengele, Kecamatan Morotai Selatan Barat diduga, aktornya mantan bupati Pulau Morotai, provinsi Maluku Utara Rusli Sibua. Akibat kasus perusakan dan penjarahan fasilitas MMC, kerugian diperkirakan mencapai ratusan miliar rupiah.

“(bahkan) perusahaan China sempat mengadu kepada Komnas (komisi nasional) HAM (hak asasi manusia) atas intimidasi Rusli (bupati Morotai periode 2011 – 2015).”

“Akhirnya Rusli menutup paksa perusahaan China, Vietnam. (penutupan paksa) tidak lama setelah Rusli dilantik pada Juni/Juli 2011. Dia merecoki perusahaan China, Vietnam dan setelah itu (giliran) kami yang diancam,” kata Sutrisno.

Puluhan oknum warga yang dipimpin wakil bupati Wenny Paraisu melakukan pengrusakan dan penjarahan. Perkiraannya, titik kritis terjadi pada rentang waktu sekitar tiga hari sejak Rusli ‘todong’ kami cash (uang kontan) senilai Rp 10 miliar. MMC sempat berpikir dan berunding internal perusahaan dalam rentang waktu tiga hari.

“Kami sempat kaget. Begitu kami menyatakan tidak sanggup (memenuhi permintaan) cash Rp 10 miliar, tidak tunggu lama terjadi penjarahan, pengrusakan. Kami siap salah, tapi ada pembelajaran. (logikanya) tidak ada yang mampu berkomunikasi (efektif) dengan Rusli Sibua kalau tidak membayar (gratifikasi) Rp 10 miliar,” kata Sutrisno.*** Liu.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Bermarga Sidabutar

Pantausidang, Samosir – Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menyandang marga Sidabutar. Peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar dilakukan lewat upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (26/11/2022).

Acara peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar, merupakan rangkaian kegiatan dari Menteri BUMN Erick Thohir, pada acara Tao Toba Heritage Fest untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba.

Dalam kesempatan itu, Erick mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak, bangsa yang terkenal kaya akan budaya, penuh sejarah dengan masyarakat kekeluargaan yang kerja keras.



“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” ujarnya.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai keluarga,” ungkapnya.

Rangkaian acara diawali dengan kebaktian lalu mangalahat horbo dipadu iringan tor tor. prosesi dihadiri keluarga Sidabutar di Tomok.

Orangtua Angkat Erick, Harry Boss Sidabutar sekaligus ketua panitia Tao Toba Heritage Fest mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Menteri BUMN itu telah memilih Sidabutar menjadi marganya.

“Saat ini Erick telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke 4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga Marga Sidabutar ke 8” katanya.

Sementara itu,Ketua Umum Pospera,Mustang Bonaventura Manurung dalam kata sambutan nya menyampaikan sejak hari ini Erick Thohir harus menambahkan marga di namanya.

“Menteri harus memanggil saya tulang, dan Erick merupakan bere saya” jelasnya.

Acara mangain anak ini juga turut dihadiri Sekjen Pospera, Adian Napitupulu, Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan sejumlah staff BUMN.

Usai dilakukan upacara adat pengangkatan anak dan pemberian marga, dilakukan juga mangalahat horbo, dimana merupakan ritual tertua suku batak toba. Mangalahat horbo merupakan ritual agung suku batak dan bentuk rasa sukur kepada leluhur.

Di akhir Erick Thohir Sidabutar, mengatakan sebagai orang batak dirinya akan membangun kampung halaman nya Samosir.

“Nanti kita akan bangun museum batak di Samosir,guna kemajuan pariwisata yang ada disini” katanya. *** Diurnawan

Continue Reading

Ragam

Soal Tudingan Miring, Kabareskrim : Kematian Brigadir Yoshua Aja Mereka Tutupi

Pantausidang, Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto akhirnya bersuara terkait testimoni Aiptu Ismail Bolong dan beredarnya LHP DivPropam yang menyebut dirinya menerima setoran dari hasil tambang ilegal di Kalimantan Timur, Jumat (25/11/2022).

Melalui keterangan tertulisnya kepada awak media, Komjen Agus menyampaikan tanggapannya terkait isu yang beredar di ruang publik yang menyeret namanya.

“Saya ini penegak hukum, ada istilah bukti permulaan yang cukup dan bukti yang cukup, maklum lah kasus almarhum Brigadir Yoshua aja mereka tutup-tutupi”, ujarnya.

Continue Reading

Ragam

Polda Sumut Salurkan 10.000 Paket Bansos Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Pantausidang, Medan – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) akan menyalurkan 10.000 paket bansos dari Kapolri dan Kapolda Sumut kepada masyarakat yang kurang mampu.

Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan paket sembako dari Kapolri yang akan disalurkan berupa beras dan sembako tambahan dari Kapolda Sumut.

“Polda Sumut telah menyalurkan bantuan sosial dari Kapolri berupa beras dan dari Kapolda Sumut sembako tambahannya seperti gula, minyak goreng dan mie instan,” ujar Hadi, Jumat (25/11/2022).

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

646,065,431
Kasus
6,636,120
Meninggal Dunia
624,572,707
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,650,244
  • Meninggal Dunia: 159,676
  • Sembuh: 6,429,987