Connect with us

Rilis

RI-Malaysia sepakati Sistem Satu Kanal Penempatan Pekerja Migran Indonesia

Langkah selanjutnya penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dan Menteri Sumber Daya Malaysia, Saravanan Murugan

Pantausidang, Jakarta—Pemerintah Indonesia dan Malaysia mencapai kesepakatan penyelesaian draft nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia.


Langkah selanjutnya tinggal menentukan jadwal penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dan Menteri Sumber Daya Malaysia, Saravanan Murugan.

“Tantangan berikutnya yakni, bagaimana MoU itu dapat secara konsisten dilaksanakan oleh Malaysia dan seluruh stakeholder terkait untuk dharapkan mengawal MoU ini agar memiliki visi yang sama. Tidak hanya jangka pendek tapi juga memperbaiki penempatan PMI domestik secara menyeluruh, “ ujar Menaker Ida Fauziyah saat menerima Dubes RI untuk Malaysia, Hermono di kantor Kemnaker Jakarta, Rabu 16 Maret 2022.

Dalam kesempatan sama, Sekjen Anwar Sanusi mengungkapkan beberapa butir kesepakatan yang dicapai dalam MoU tersebut di antaranya gaji PMI di atas UMR di Malaysia, hari libur dalam sepekan, cuti tahunan, hak berkomunikasi, larangan menahan paspor dan satu PMI domestik hanya diperbolehkan bekerja di rumah tangga dengan maksimal enam orang anggota keluarga.

Laman: 1 2

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Nasional

Indonesia Mampu Menghadapi Badai Resesi

Kali ini Doku Talk membahas tentang kondisi perekonomian global, pertumbuhan ekonomi nasional, dan proyeksi financial technology (fintech) di Indonesia

Para pembicara dalam diskusi Doku Talk, dari kiri ke kanan: Praktisi Keuangan dan Investasi Benny Sufami, Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah Redjalam, Wealth Advisory Head Bank UOB Indonesia Diendy Liu, dan Head of Investment and Insurance DANA Ivan Kusuma.

Pantausidang, JakartaDoku Talk, platform diskusi literasi investasi, perencanaan keuangan dan pasar modal di Indonesia kembali menggulirkan tema menarik dan hangat dalam perbincangan ahli dan praktisi edisi Agustus 2022.

Hal tersebut terungkap dalam diskusi yang mengangkat tema “Melawan Dinamika Resesi Bersama Fintech Investasi”, yang ditayangkan melalui channel YouTube Doku Talk, Senin 22 Agustus 2022.

Kali ini Doku Talk membahas tentang kondisi perekonomian global, pertumbuhan ekonomi nasional, dan proyeksi financial technology (fintech) di Indonesia.

Diskusi digelar dengan pengantar bahwa pengaruh pandemi Covid-19 masih berlangsung. Terlebih, perang yang terjadi di Eropa, antara Rusia dan Ukraina masih memberikan dampak buruk pada persoalan supply and demand berbagai kebutuhan pokok dunia.

Sehingga negara-negara maju mengalami inflasi, dan menimbulkan tekanan pada perekonomian dunia yang mengakibatkan terjadinya gangguan resesi global saat ini.

Namun, dinamika resesi global sudah mengemuka, di Tanah Air, ekonomi nasional mampu unjuk gigi.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekonomi Indonesia triwulan II-2022 terhadap triwulan II-2021 tumbuh sebesar 5,44% year on year (YoY).

Bank Indonesia (BI) merespon,
peningkatan ini ditopang oleh permintaan domestik yang meningkat, terutama konsumsi rumah tangga, dan peningkatan kinerja eskpor.

Menanggapi isu di atas, Ekonom CORE Indonesia, Piter Abdullah Redjalam mengatakan bahwa Indonesia mampu menghadapi badai dinamika resesi.

Ia menganalisa perekonomian nasional relatif aman dan sedang menuju masa pemulihan pasca pandemi.

“Masa depan ekonomi global memang sedang gelap, akibat ketidakpastian. Tetapi kendati demikian, kondisi Indonesia sebenarnya dapat dikatakan baik-baik saja.”

“Dengan pertumbuhan 5,44%, kita sedang dalam proses pemulihan ekonomi, menuju perbaikan. Setidaknya kita lebih baik dari Malaysia dan Singapura” ujarnya.

Meski Indonesia kuat terhadap kondisi ekonomi global saat ini, Wealth Advisory Head Bank UOB Indonesia, Diendy Liu, menyarankan agar setiap individu waspada dengan cara mengelola keuangan dengan baik.

Sebab menurutnya, salah satu cara agar publik tidak terkena dampak yang signifikan akibat tekanan ekonomi ialah dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik di tengah situasi ketidakpastian ekonomi.

“Kita harus mengukur daya beli kita sebagai individu. Kita harus mulai pilah-pilah apa saja yang mau kita konsumsi.”

“Ada yang disebut dengan penghasilan bersih setelah kita membayar pajak. Dari sana kita bisa mengalokasikan untuk kebutuhan pokok kita, antara sandang, pangan, papan, termasuk cicilan.”

“Bagi yang sudah berkeluarga mungkin tambahan biayanya adalah pendidikan. Dari sana, pastikan kita masih punya sekitar 30 persen.”

“Kemudian dari sisa inilah kita bisa mengalokasikannya ke instrumen keuangan,” terang Diendy.

Untuk masuk dalam kategori individu yang kuat menahan tekanan dinamika ekonomi saat ini, maka menurut Diendy Liu, perencanaan keuangan dan membangun portofolio keuangan menjadi kuncinya.

Diendy menambahkan, publik mesti mengetahui instrumen keuangan berdasarkan ragam pilihan yang aman demi menghindari dampak dari ketidakstabilan ekonomi yang dapat mengganggu ketahanan ekonomi individu.

Selain dengan menguatkan perencanaan keuangan, Head of Investment and Insurance DANA, Ivan Kusuma memberikan pilihan kepada publik dalam menguatkan ketahanan keuangannya dengan melakukan investasi melalui fintech yang telah resmi terdaftar di regulator.

Menurutnya, peran fintech di era saat ini sangat signifikan dalam membantu masyarakat, terutama dalam sektor Investasi.

“Berdasarkan survei, Indonesia merupakan pengguna smartphone tertinggi nomor 4 di dunia. Dari sini kita bisa mengerti betapa pentingnya fintech yang umumnya ditawarkan melalui smartphone,”

Fintech selain mempermudah, juga secara biaya dapat lebih murah, karena pihak yang terkait lebih sedikit. Kedua, fintech lebih banyak pilihan sebagai aplikasi investasi,” imbuhnya.

Bahkan kata Ivan, Bank Indonesia telah mendukung perkembangan teknologi digital.

“BI saja mendukung perkembangan teknologi digital. Ini tergambar pada per 1 Juli 2022, BI itu meningkatkan batas uang elektronik bulanan dari yang sebelumnya hanya Rp10 juta, kini menjadi Rp20 juta.”

“ Itu untuk registered user. Jadi dapat dikatakan bahwa fintech sangat berkembang dari sisi transaksi, volume, bahkan dari sisi regulator pun mendukung”, tambahnya.

Praktisi Keuangan dan Investasi Benny Sufami menambahkan, kondisi ekonomi yang saat ini tidak stabil seharusnya dapat dimanfaatkan oleh publik agar lebih efisien dan efektif dalam mengelola keuangannya sehingga dapat menahan tekanan ekonomi yang dapat hadir sewaktu-waktu.

“Saya juga menekankan bahwa publik harus memahami literasi investasi. Sebab di tengah ketidakpastian saat ini, bisa saja krisis ekonomi hadir kembali,”

“ Namun jika kita semua dapat mengelola keuangan dengan baik, maka dampak buruk ketidakstabilan ekonomi tidak terlalu berpengaruh signifikan,” katanya.


Tentang Doku Talk.

Doku Talk merupakan platform diskusi literasi keuangan dan pasar modal di Indonesia yang aktif membicarakan tema-tema diskusi keuangan terkini di Indonesia.

Fokus Doku Talk ialah memberikan publik informasi akurat dan valid mengenai literasi keuangan yang dapat membantu masyarakat dalam melakukan perencanaan keuangan.*** (GHR).

Continue Reading

Ragam

Resmi! Bali United Jalin Kerja Sama dengan PINTU

Kami senang kemitraan antara Bali United dengan PINTU dapat terwujud sehingga memberikan warna baru di industri sepak bola

Pantausidang.comPINTU, Platform jual beli dan investasi aset crypto terkemuka di Indonesia, resmi mengumumkan kolaborasi dengan Bali United pada Rabu, 15 Juni 2022.

Kerjasama antara PT Kemana saja selaku sponsor resmi klub jawara BRI liga 2021-22 ini, menjelang liga 1 2022-23 dimulai Juli mendatang.

Chief Executive Officer (CEO) Bali United Yabes Tanuri mengatakan berterima kasih kepada Pintu yang mensponsori Tim Serdadu Tridatu tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PINTU yang akan mendukung kami di tahun 2022 ini,” ujarnya.


Yabes Tanuri mengatakan, PINTU merupakan platform jual beli cryptocurrency yang mudah bagi pemula bukan hanya di Bali, tapi juga di seluruh Indonesia.

Menurutnya kerja sama tersebut dapat terjadi berkat kesamaan visi yang bersinergi kuat, dan bersama-sama untuk selalu memberikan inovasi baru di industri masing-masing.

“Kami senang kemitraan antara Bali United dengan PINTU dapat terwujud sehingga memberikan warna baru di industri sepak bola,”

“Menikmati pertandingan sambil berinvestasi aset crypto dan terus mendukung Bali United dalam perhelatan kompetisi sepak bola di Indonesia.” Tutup Yabes Tanuri, Chief Executive Officer (CEO) Bali United.

Sementara itu Founder (CEO) PINTU Jeth Sutoyo menyatakan, bangga dapat menjadi sponsor tim Bali United.


“Kami bangga dapat bergabung dengan keluarga Bali United dan mendukung klub pada gelaran Liga 1 musim kompetisi 2022/2023,” katanya.

Menurutnya, PINTU sebagai sponsor memberikan nilai tambah dan memajukan Bali United.

Dan berharap Bali United dapat terus tumbuh menjadi salah satu klub sepak bola yang besar di Indonesia dan mampu menorehkan prestasi bergengsi.

Jeth menambahkan, PINTU berkomitmen untuk mendukung Serdadu Tridatu bukan hanya dalam berlaga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, tetapi juga Semeton Dewata, komunitas supporter Bali United.

Tentang Bali United

Bali United FC merupakan klub sepak bola Indonesia yang bermarkas di Bali. Tim yang berjuluk Serdadu Tridatu ini menjadi salah satu tim yang cukup disegani di Tanah Air.

Bali United sukses menjadi juara kompetisi Shopee Liga 1 2019, juara kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 dan yang membuat tim kebanggaan masyarakat Pulau Dewata tampil di kompetisi Asia.

Tim Bali United tahun ini diperkuat beberapa nama pemain yang sudah tidak asing lagi di sepak bola Indonesia, seperti Ricky Fajrin, Nadeo Argawinata, dan Ilija Spasojevic.

Selain itu nama pemain lokal Bali berkualitas seperti I Made Andhika Wijaya dan Kadek Agung Widnyana juga menghiasi skuad Bali United saat ini.


Tentang PINTU

PINTU adalah platform trading aset crypto di Indonesia yang berfokus pada tampilan mobile.

Tujuannya untuk membantu aset crypto lebih mudah diakses siapapun serta menjembatani inklusi dunia crypto di Indonesia.

PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual. ***(Diurnawan)

Continue Reading

Nasional

Kemnaker Percayakan BPVP Kendari Siapkan SDM Pertambangan Sulawesi Tenggara

Menaker berharap, BPVP Kendari dapat menyiapkan SDM kompeten sesuai dengan kebutuhan industri di Sulawesi Tenggara seperti industri pertambangan

Pantausidang, Kendari—Di sela-sela kunjungan kerja ke Sulawesi Tenggara, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, menyempatkan diri mengunjungi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Kemnaker.

Menaker berharap, BPVP Kendari dapat menjadi kepanjangan tangan Kemnaker dalam menyiapkan SDM kompeten sesuai dengan kebutuhan industri di Sulawesi Tenggara seperti industri pertambangan.

“Mereka (ASN dan PPNPN BPVP Kendari) belum meninggalkan kantor meski jam pulang telah lama berlalu untuk menyambut kunjungan saya di BPVP Kendari. Hal ini merupakan wujud cinta mereka terhadap Kemnaker,” kata Ida Fauziyah ketika melihat puluhan ASN dan PPNPN BPVP Kendari saat menyambut di Kantor BPVP Kendari, Kamis (19/5/2022).

Ida Fauziyah dalam kunjungannya di BPVP Kendari memberikan apresiasi terhadap BPVP Kendari atas perannya mendukung Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dalam menciptakan tenaga kerja terampil dan kompeten, sehingga diharapkan dapat menekan angka pengangguran di Sulawesi Tenggara.

“Penciptaan tenaga kerja terampil dan kompeten, meningkatkan produktivitas dan menekan angka pengangguran bukan hanya menjadi tugas BPVP Kendari saja tetapi menjadi ikhtiar dan upaya bersama antara Kemnaker, Pemerintah Provinsi Sultra, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sultra, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), serta stakeholder lainnya,” katanya.

Dalam kunjungannya, Ida Fauziyah memberikan semangat kepada puluhan ASN dan PPNPN untuk terus meningkatkan kinerja dan produktivitas kerjanya, sehingga kehadiran BPVP Kendari sebagai UPTP Kemnaker RI dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sulawesi Tenggara.

“Kita pasti bisa lebih baik lagi, dan untuk itu mari kita tingkatkan terus prestasi kerja kita dengan penuh disiplin dan terus memberikan pelayanan prima kepada masyarkat,” jelasnya.*** MES (Sumber Humas Kemnaker).

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

624,430,759
Kasus
6,553,537
Meninggal Dunia
604,462,445
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,439,292
  • Meninggal Dunia: 158,165
  • Sembuh: 6,264,184