Connect with us

Ragam

Jamintel:Buat Kajian dan Lapor Persoalan untuk Decision Making Pimpinan

Telaah dan laporan bidang Intelijen ini sebagai upaya deteksi dini atau early warning bagi kita semua, untuk antisipasi segala permasalahan yang terjadi

Pantausidang, JakartaJaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Amir Yanto meminta seluruh jajarannya untuk membuat kajian dan laporan persoalan yang terjadi ditengah masyarakat untuk dasar pengambilan keputusan (Decision Making) pimpinan sebagai deteksi dini atau early warning untuk antisipasi persoalan yang terjadi.

Hal itu disampaikannya dalam pengarahan tentang kinerja triwulan kedua di Lantai 10 Gedung Menara Kartika Adhyaksa.

“Adapun semua hal yang terkait dengan kondisi Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya (IPOLEKSOSBUD) harus dilaporkan setiap hari sebagai bahan masukan pimpinan,” kata Amir Yanto kepada jajarannya melalui surat elektronik yang diterima Pantausidang.com, Rabu, (13/7/2022).

Menurut Jamintel, dia mengungkapkan seperti halnya kelangkaan minyak goreng, krisis energi, termasuk masalah hukum yang terjadi di berbagai daerah, terutama terkait dengan pelecehan seksual di berbagai lingkup sekolah.

“Hal ini penting untuk dibuat kajian guna kepentingan pengambilan kebijakan dan keputusan pimpinan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahwa kajian dan analisis mengenai berbagai permasalahan yang terjadi itu sangatlah penting sebagai peringatan awal untuk antisipasi persoalan tersebut.

“Telaah dan laporan bidang Intelijen ini adalah sebagai upaya deteksi dini atau early warning bagi kita semua, untuk antisipasi segala permasalahan yang terjadi,” jelasnya.

“Melalui gerakan dari seluruh Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri, dan Cabang Kejaksaan Negeri untuk melakukan upaya-upaya deteksi dini,” sambung Amir Yanto.

Jamintel juga mewajibkan bagi satuan kerja daerah guna melaporkan segera melalui sarana tercepat, sehingga pimpinan dapat memberikan petunjuk, terkait langkah yang harus dilakukan dalam rangka antisipasi.

“Hal terpenting adalah bekerja memiliki target dan ada laporan secara administrasi, sehingga pimpinan dapat memantau, dan mengetahui kinerja anak buah di lapangan,” tegasnya.

Amir Yanto menambahkan, pentingnya komunikasi antar bidang, dalam rangka menyusun big data.

“Sehingga akses informasi data cepat didapat secara akurat, update dan terintegrasi, dalam rangka membumikan Intelijen Digital di jajaran Kejaksaan RI,” tukasnya.

Amir Yanto menegaskan bahwa pengarahan terkait dengan Serapan Anggaran dan Kinerja di jajaran Intelijen untuk ditingkatkan dimana hal tersebut telah beberapa kali disampaikan.

Dalam pengarahan itu hadir antara lain, Pejabat Eselon II, Eselon III dan Eselon IV di lingkungan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen. ***Muhammad Shiddiq

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Mangkir, KPK panggil Ulang Karim Abidin Eks Kabag Keuangan Benou Taka

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.
Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi

Pantausidang, Jakarta – Tim penyidik komisi pemberantasan korupsi (KPK) terpaksa memanggil ulang dua saksi pejabat daerah terkait pengembangan kasus dugaan korupsi dana penyertaan modal Perumda Penajem Paser Utara pada 2019 -2021, Selasa (6/12/2022).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada keterangan tertulis yang diterima pantausidang.com mengatakan, sedianya dua saksi diperiksa pada senen (5/12/2022).

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.

“ Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi, dan segera kami akan panggil ulang,” ujarnya.

Diberitakan, kasus diduga bermula ketika Pemkab Penajam Paser Utara mengagendakan beberapa proyek Di Dinas PUTR dan Dispora tahun 2021 lalu.

Proyek tersebut diantaranya, proyek multiyears peningkatan jalan Sotek – Bukit Subur dan pembangunan gedung perpustakaan dengan total kontraj mencapai Rp.112 miliar.

Diduga atas proyek tersebut Bupati Abdul Gafur Mas’ud memerintahkan PLT Setda Muliadi, agar para kontraktor memberi uang pelicin melaui para kepala dinas tersebut.


Disebutkan uang uang tersebut diantaranya dikumpulkan di rekening bendahara umum DPC Demokrat Nur Afifah Balqis.*** Red (Laporan Syrudatin).

Continue Reading

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”


Continue Reading

Ragam

Kota Medan Siap Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2023

Pantausidang, Medan – Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diselenggarakan pada tanggal 9 Februari, didasari dengan lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, dan telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pers Indonesia sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Untuk Peringatan HPN tahun 2023 mendatang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN adalah kota Medan.

Ketua HPN, H Mirza Zulhadi mengatakan bahwa penyelenggaraan HPN di kota Medan mendatang, tetap mengagendakan beberapa program seperti seminar pers.

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,793,722
Kasus
6,649,180
Meninggal Dunia
627,514,971
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450