Connect with us

Ragam

Melewati Masa Berat Usaha Pengalengan Ikan Sarden

Almarhum Tjipto Soejarwo (pendiri usaha pengalengan ikan) harus buka pasar. Freight forwarding sangat penting karena pengiriman ke luar pulau,

Pantausidang, Jakarta – Pada masa yang mungkin agak berat bagi dunia bisnis, usaha perdagangan pioneer industri pengalengan ikan sarden di Muncar, Banyuwangi Jawa Timur, yakni membuka pasar baru di luar pulau dan luar kota.

Sebagaimana kegiatan produksi berlangsung di Muncar, perusahaan harus menggunakan jasa freight forwarding untuk distribusi dan pemasaran ikan kaleng di luar pulau dan luar kota.

“Almarhum Papi saya, pak Tjipto Soejarwo (pendiri usaha pengalengan ikan) harus buka pasar. Freight forwarding sangat penting karena pengiriman ke luar pulau, terutama Kalimantan, Sumatera. Dulu, pengiriman (barang) masih sangat susah,” Direktur PT Sumber Yalasamudera (usaha ikan sarden di Muncar) David Wijaya mengatakan kepada Redaksi.

52 tahun perjalanan PT Sumber Yalasamudra menjadi produsen sarden (sardines), fish meal, fish oil dan usaha pengolahan berbahan baku ikan, dan sudah beberapa kali jatuh bangun sampai akhirnya terus merambah pasar ekspor.

Mendiang Jiang Yi Jung yang pertama kali membangun usaha pengolahan, cikal bakalnya PT Sumber Yalasamudra. Setelah meninggal, perusahaan diteruskan kepada anaknya, yakni Tjipto Soedjarwo Tjoek.


“Pak Tjipto Soejarwo bekerja lebih keras untuk buka pasar dan distribusi sampai ke beberapa kota di Kalimantan, Sumatera. Ia buka kantor forwarding di Tanjung Priok karena dekat pelabuhan.”

“Ia bolak balik (MuncarJakarta) dari tahun 1972 – 1983 karena harus tetap mengawasi pasokan ikan di Muncar,” kata David Wijaya yang merupakan putra ketiga almarhum Tjipto Soejarwo.

Berkat kerja keras terutama usaha forwarding nya, perusahaan berhasil ekspor ke Taiwan, Timur Tengah, Afrika pada tahun 1985. Agent pemasaran di Arab Saudi.


Tjipto Soejarwo harus tangani langsung berbagai pekerjaan termasuk pengiriman trucking,  gudang, pemasaran di Sumatera, Lampung, Palembang, Pematang Siantar. Kalimantan, Sampit, Pontianak.

“Pusat di Sampit (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur). Tahun 1980-an, proses produksi masih manual sampai perlahan-lahan mulai otomatisasi.

Proses produksi sudah menggunakan conveyor belt, pemotongan ikan, cutting , pencucian, pengisian ikan, pemasakan awal, pengisian saus sampai bagian pengepakan secara otomatis dan mekanis,” kata alumni program S2 Woodbury University’s MBA program , California Amerika.

Selain itu, ada juga masalah buruh pabrik yang beberapa kali terkena provokasi oleh oknum. Kendatipun pada saat itu, pengetahuan mengenai ketenagakerjaan belum maksimal, Tjipto Soejarwo berani mengambil tindakan yang tegas terhadap oknum buruh tersebut.

Karena terbukti memprovokasi buruh lain, perusahaan pun terpaksa mem-PHK (pemutusan hubungan kerja) yang bersangkutan. “Banyak yang di-PHK karena sering ‘teriak-teriak’ dan bikin keributan.

Waktu ada gejolak buruh, saya masih kecil dan belum bantu operasional. Gajinya (pekerja PT Sumber Yalasamudera) kecil, tapi setiap hari ada pekerjaan.

Kalau pabrik/perusahaan lain, kalau tidak ada stok ikan, buruh dirumahkan. Perusahaan kami bisa menyediakan pekerjaan lain misalkan membersihkan pabrik, kaleng.

Kami tidak pernah meliburkan buruh. Karena aktivitas dan unit usahanya banyak, dari sarden sampai tepung ikan. Bahkan sejak tahun 2002, kami mulai buka cold storage dan tambak udang,” kata David Wijaya.*** Liu

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Tena Medan Bakal Tampil di Pentas Seni Budaya Etnis Indonesia, Waduk Jatiluhur Jabar

Pantausidang, Jatiluhur – Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap jetski yang bertajuk Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia 2023. Event ini akan berlangsung pada 9-12 Maret 2023 di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Sanggar Teater Nasional ( Tena) Medan pimpinan Baharuddin Saputra mendapat kehormatan dari PT.Big Brother dipercaya untuk menampilkan Pergelaran tari Etnik Nusantara dari Aceh- Papua pada acara pbukaan dan penutupan event tersebut.


Direktur Utama PT Big Brother Indonesia, Ivan Karen Andrian mengatakan, gelaran kejuaraan dunia jetski ini akan menjadi yang pertama kalinya di Indonesia sejak didirikan pada tahun 1992.

“Kejuaraan ini akan menjadi yang pertama kalinya di Indonesia. Selain itu, kami juga sudah kontrak lima tahun dengan Union Internationale Motonautique (UIM) selaku yang membuat kejuaraan tersebut,” ujar Ivan kepada wartawan di Istora, Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (5/12/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, kejuaraan ini nantinya akan diikuti oleh 25 tim balap jetski dengan kualifikasi dari 100 negara.

“Jadi sekitar 100 negara akan mengikuti kualifikasi untuk bisa ikut ke kejuaraan dunia ini. Nanti yang berhasil lolos hanya 25 tim saja,” ucapnya.

Ivan membenarkan pihaknya telah meminta Sanggar TENA Medan untuk tampil di pentas Seni Budaya pada ajang bergengsi itu.

” Bapak Wali kota Medan Bobby Nasution melalui Kadis Kebudayaan Medan OK Zulfi telah mengeluarkan Rekomendasi kepada sanggar Teater tertua di Medan itu untuk tampil pada pentas Seni Budaya membawa nama baik Medan, Sumut dan Indonesia” Ujar Ivan yang langsung singgah di Sanggar,Tena Medan akhir Oktober yang lalu.

Terpisah Ketua Tena Medan Baharuddin Saputra membenarkan pihaknya mendapat kehormatan untuk tampil pada acara pentas seni budaya pembukaan dan penutupan, , bahkan pihak Big Brother meminta Tena Medan mengisi pentas seni setiap malamnya selama kegiatan berlangsung 9 – 12 Februari 2023.

” Insha Allah kami akan menampilkan hiburan yang terbaik membawa nama Medan, Sumut dan Indonesia. sejumlah Artis pendukung penari dan pemusik etnik profesional kota Medan sudah kita persiapkan untuk tampil berkolaborasi”, ujar Bahar yang juga Ketua Dewan Kesenian Sumatera Utara ( DKSU).*** Diurnawan.

Continue Reading

Ragam

Mangkir, KPK panggil Ulang Karim Abidin Eks Kabag Keuangan Benou Taka

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.
Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi

Pantausidang, Jakarta – Tim penyidik komisi pemberantasan korupsi (KPK) terpaksa memanggil ulang dua saksi pejabat daerah terkait pengembangan kasus dugaan korupsi dana penyertaan modal Perumda Penajem Paser Utara pada 2019 -2021, Selasa (6/12/2022).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada keterangan tertulis yang diterima pantausidang.com mengatakan, sedianya dua saksi diperiksa pada senen (5/12/2022).

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.

“ Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi, dan segera kami akan panggil ulang,” ujarnya.

Diberitakan, kasus diduga bermula ketika Pemkab Penajam Paser Utara mengagendakan beberapa proyek Di Dinas PUTR dan Dispora tahun 2021 lalu.

Proyek tersebut diantaranya, proyek multiyears peningkatan jalan Sotek – Bukit Subur dan pembangunan gedung perpustakaan dengan total kontraj mencapai Rp.112 miliar.

Diduga atas proyek tersebut Bupati Abdul Gafur Mas’ud memerintahkan PLT Setda Muliadi, agar para kontraktor memberi uang pelicin melaui para kepala dinas tersebut.


Disebutkan uang uang tersebut diantaranya dikumpulkan di rekening bendahara umum DPC Demokrat Nur Afifah Balqis.*** Red (Laporan Syrudatin).

Continue Reading

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”


Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,795,074
Kasus
6,649,182
Meninggal Dunia
627,514,971
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450