Connect with us

Ragam

IINTLA berdiri untuk geliat ekonomi sektor pariwisata

Pariwisata berkelanjutan yang dikedepankan, butuh kolaborasi, inovasi dan adaptasi,” Dewan Kehormatan IINTLA Rahmi Setiawati mengatakan kepada Redaksi

Penyerahan plakat IINTLA oleh Vinsensius Jemadu (Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) kepada wakil ketua IINTLA, Wayan Sandi dan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) IINTLA, David S. Gunawan atau Qiu Da Wei (kanan)

Pantausidang, Jakarta – The Indonesian Inbound Tour Leader Association (IINTLA) berdiri dengan harapan, ada geliat dan perkembangan ekonomi Indonesia melalui sektor pariwisata.

Karena pariwisata terbukti menggeliatkan ekonomi secara multisektor, berdampak langsung kepada masyarakat.

“Pariwisata berkelanjutan yang dikedepankan, butuh kolaborasi, inovasi dan adaptasi,” Dewan Kehormatan IINTLA Rahmi Setiawati mengatakan kepada Redaksi di Gedung Sapta Pesona. Jumat (8/7/2022).

Upaya beradaptasi dengan berbagai lingkungan termasuk pandemic covid – 19 selama kurang lebih dua tahun.

Para pelaku usaha pariwisata termasuk tour leader (TL) atau pemandu wisata menghadapi berbagai perubahan selama covid mendera.

Sehingga inovasi kreatif untuk pengembangan destinasi wisata menjadi sangat signifikan. Peran teknologi sebagai media sangat membantu terutama kegiatan pemasaran industry pariwisata.


“Adaptasi dengan aspek lingkungan termasuk perilaku wisatawan di tengah kondisi pandemic harus ada.”

“Adaptasi dan kreasi (pelaku usaha pariwisata), termasuk pemahaman literasi digital, pemanfaatan teknologi untuk kepentingan yang bernilai ekonomi,” kata ketua Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata Universitas Indonesia.

Belajar dari pengalaman pandemic covid selama dua tahun, kondisi pariwisata Indonesia termasuk masih menggeliat.

Wisatawan domestic sebagai pangsa pasar yang besar. Dua tahun pandemic, masyarakat Indonesia tetap perlu berlibur dan berwisata.


Selain aktivitas wisata sudah menjadi gaya hidup untuk masyarakat Indonesia. Sebagai perbandingan, kondisi masyarakat di Amerika juga butuh wisata, bahkan bagian dari gaya hidup.

“Misalkan mereka mau kunjungan ke Indonesia, mereka menabung sejak usia dini. Mereka mandiri untuk pembiayaan, karena mereka tahu bahwa pergi ke luar negeri akan memperluas wawasan, pengetahuan,” kata Sekretaris Program DIII Vokasi Pariwisata FISIP Universitas Indonesia. *** Liu.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Tena Medan Bakal Tampil di Pentas Seni Budaya Etnis Indonesia, Waduk Jatiluhur Jabar

Pantausidang, Jatiluhur – Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap jetski yang bertajuk Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia 2023. Event ini akan berlangsung pada 9-12 Maret 2023 di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Sanggar Teater Nasional ( Tena) Medan pimpinan Baharuddin Saputra mendapat kehormatan dari PT.Big Brother dipercaya untuk menampilkan Pergelaran tari Etnik Nusantara dari Aceh- Papua pada acara pbukaan dan penutupan event tersebut.

Direktur Utama PT Big Brother Indonesia, Ivan Karen Andrian mengatakan, gelaran kejuaraan dunia jetski ini akan menjadi yang pertama kalinya di Indonesia sejak didirikan pada tahun 1992.

Continue Reading

Ragam

Mangkir, KPK panggil Ulang Karim Abidin Eks Kabag Keuangan Benou Taka

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.
Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi

Pantausidang, Jakarta – Tim penyidik komisi pemberantasan korupsi (KPK) terpaksa memanggil ulang dua saksi pejabat daerah terkait pengembangan kasus dugaan korupsi dana penyertaan modal Perumda Penajem Paser Utara pada 2019 -2021, Selasa (6/12/2022).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada keterangan tertulis yang diterima pantausidang.com mengatakan, sedianya dua saksi diperiksa pada senen (5/12/2022).

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.

Continue Reading

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”


Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,798,434
Kasus
6,649,235
Meninggal Dunia
627,516,863
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450