Connect with us

Ragam

Jaksa Agung: Hukum Dinamis Akomodir Kearifan Lokal Wujudkan Keharmonisan

Hukum harus mampu beradaptasi dengan perkembangan kebutuhan hukum masyarakat

Pantausidang, JakartaJaksa Agung Burhanuddin mengatakan bahwa hukum yang dinamis dengan mengakomodir kearifan lokal merupakan suatu keharusan untuk mewujudkan keharmonisan dan kedamaian dalam masyarakat.

 

Hal itu disampaikan Jaksa Agung dalam pengarahan dalam Acara Pengambilan Sumpah, Pelantikan, dan Serah Terima Jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi dan Pejabat Eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung, yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Penghukuman dalam suatu tindak pidana adalah suatu keniscayaan, karena sanksi sosial jauh lebih efektif menimbulkan efek jera dan malu di masyarakat dimana mereka merasa dikucilkan dan terpinggirkan dalam pergaulan sosial,” ucap Jaksa Agung di Gedung Kejagung, Jakarta, Senin, 22 Agustus 2022.

 

Sebelumnya, Jaksa Agung menuturkan, kearifan lokal terkait dengan program keadilan restoratif (restorative justice), dan Rumah Restorative Justice yang masih tetap dijadikan solusi alternatif dalam menyelesaikan permasalahan hukum masyarakat.

 

“Hukum harus mampu beradaptasi dengan perkembangan kebutuhan hukum masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, Jaksa Agung mengatakan, insan Kejaksaan dapat menjaga martabat masyarakat lokal (local genus), peradilan adalah benteng terakhir mencari pengadilan untuk perkara apapun.

 

Sehingga kearifan lokal musyawarah mufakat, tepo saliro, guyub, rembug adalah solusi dalam menyelesaiakan berbagai masalah hukum di masyarakat, maka dari itu Jaksa sebagai penegak hukum harus sering melihat dan hadir di tengah-tengah masyarakat.

 

“Tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi kepada institusi Kejaksaan tidak saja karena penegakan hukum tindak pidana korupsi yang kita lakukan selama ini, akan tetapi program-program kemasyarakatan yang humanis juga memberikan kontribusi besar bahwa masyarakat mengenal Kejaksaan tidak sekedar penegakan hukum,” pungkasnya. ***Muhammad Shiddiq

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Bermarga Sidabutar

Pantausidang, Samosir – Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menyandang marga Sidabutar. Peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar dilakukan lewat upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (26/11/2022).

Acara peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar, merupakan rangkaian kegiatan dari Menteri BUMN Erick Thohir, pada acara Tao Toba Heritage Fest untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba.

Dalam kesempatan itu, Erick mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak, bangsa yang terkenal kaya akan budaya, penuh sejarah dengan masyarakat kekeluargaan yang kerja keras.



“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” ujarnya.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai keluarga,” ungkapnya.

Rangkaian acara diawali dengan kebaktian lalu mangalahat horbo dipadu iringan tor tor. prosesi dihadiri keluarga Sidabutar di Tomok.

Orangtua Angkat Erick, Harry Boss Sidabutar sekaligus ketua panitia Tao Toba Heritage Fest mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Menteri BUMN itu telah memilih Sidabutar menjadi marganya.

“Saat ini Erick telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke 4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga Marga Sidabutar ke 8” katanya.

Sementara itu,Ketua Umum Pospera,Mustang Bonaventura Manurung dalam kata sambutan nya menyampaikan sejak hari ini Erick Thohir harus menambahkan marga di namanya.

“Menteri harus memanggil saya tulang, dan Erick merupakan bere saya” jelasnya.

Acara mangain anak ini juga turut dihadiri Sekjen Pospera, Adian Napitupulu, Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan sejumlah staff BUMN.

Usai dilakukan upacara adat pengangkatan anak dan pemberian marga, dilakukan juga mangalahat horbo, dimana merupakan ritual tertua suku batak toba. Mangalahat horbo merupakan ritual agung suku batak dan bentuk rasa sukur kepada leluhur.

Di akhir Erick Thohir Sidabutar, mengatakan sebagai orang batak dirinya akan membangun kampung halaman nya Samosir.

“Nanti kita akan bangun museum batak di Samosir,guna kemajuan pariwisata yang ada disini” katanya. *** Diurnawan

Continue Reading

Ragam

Soal Tudingan Miring, Kabareskrim : Kematian Brigadir Yoshua Aja Mereka Tutupi

Pantausidang, Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto akhirnya bersuara terkait testimoni Aiptu Ismail Bolong dan beredarnya LHP DivPropam yang menyebut dirinya menerima setoran dari hasil tambang ilegal di Kalimantan Timur, Jumat (25/11/2022).

Melalui keterangan tertulisnya kepada awak media, Komjen Agus menyampaikan tanggapannya terkait isu yang beredar di ruang publik yang menyeret namanya.

“Saya ini penegak hukum, ada istilah bukti permulaan yang cukup dan bukti yang cukup, maklum lah kasus almarhum Brigadir Yoshua aja mereka tutup-tutupi”, ujarnya.

Continue Reading

Ragam

Polda Sumut Salurkan 10.000 Paket Bansos Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Pantausidang, Medan – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) akan menyalurkan 10.000 paket bansos dari Kapolri dan Kapolda Sumut kepada masyarakat yang kurang mampu.

Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan paket sembako dari Kapolri yang akan disalurkan berupa beras dan sembako tambahan dari Kapolda Sumut.

“Polda Sumut telah menyalurkan bantuan sosial dari Kapolri berupa beras dan dari Kapolda Sumut sembako tambahannya seperti gula, minyak goreng dan mie instan,” ujar Hadi, Jumat (25/11/2022).

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

646,065,431
Kasus
6,636,120
Meninggal Dunia
624,572,707
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,650,244
  • Meninggal Dunia: 159,676
  • Sembuh: 6,429,987