Connect with us

Ragam

Pemekaran Natuna Anambas untuk penguasaan ekonomi laut lebih efektif

Letak geografis Natuna juga ‘sexy’ sehingga saling claim antara China dengan empat negara di Asia Tenggara serta Taiwan

Pantausidang, Jakarta – Ketua Generasi Pesona Indonesia (GENPI) Natuna, Kiki Firdaus melihat urgensi rencana pemekaran kabupaten NatunaAnambas Kepulauan Riau (Kepri) menjadi provinsi, terutama dari aspek penguasaan dan ekonomi laut.

Kabupaten Natuna memiliki luas laut 98 persen dari total luas wilayahnya. Kabupaten Natuna dibentuk berdasarkan Undang-undang No 53 Tahun 1999.

“Kalau UU diubah, (prosesnya) lambat. Kita tidak berkuasa terhadap ekonomi laut. Sementara Natuna dan Anambas, lebih banyak lautnya.”

“Ironisnya, kita tidak bisa mengolah laut, tidak punya wewenang kelola laut,” Kiki Firdaus mengatakan kepada Redaksi melalui sambungan telpon.

Letak geografis Natuna juga ‘sexy’ sehingga saling claim antara China dengan empat negara di Asia Tenggara serta Taiwan.

Geografis Natuna juga tidak lepas dari keekonomian berbasis minyak, gas alam, perikanan tangkap, jalur pelayaran dan lain sebagainya.

Sehingga wacana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) terus mengemuka.

“Kemarin, (KEK) dibahas wakil bupati, pa Rodhial. Keinginan pemerintah, pembangunan KEK berbasis maritime. Sehingga KEK maritime mencakup wisata bahari, perikanan, pelayaran,” kata Kiki Firdaus.


Dengan pembangunan KEK, penguasaan dan ekonomi laut Natuna bisa lebih maksimal. Sehingga upaya pemerintah membuka kegiatan wisata bahari secara jor-joran, juga bisa lebih efektif.

Selama ini izin kegiatan berada di provinsi Kepri. Usaha untuk memaksimalkan ekonomi laut hanya bertumpu di provinsi Kepri.

Otomatis potensi pendapatan asli daerah (PAD) ‘lari’ ke provinsi. Contohnya, usaha tambang pasir laut, tambang di darat dengan proses dan penerbitan izin ada pada pemerintah provinsi.

“Masyarakat sekitar (laut) yang mau usaha tambang tidak bisa berbuat apa-apa karena penerbitan izin di provinsi. Sehingga wajar saja, kami mau menjadi provinsi (NatunaAnambas).”

“Control terhadap semua sumber daya, potensi, prospek yang ada di depan mata kami. Ini sederhananya berpikir kami,” kata Kiki Firdaus.

Sebagai putra daerah Natuna, ia sempat bersekolah singkat di kota Batam. Sehingga masa kecilnya dihabiskan di Batam. Setelah lulus, ia merasa terpanggil untuk kembali ke Natuna.

Sejauh yang diamati, pembangunan Batam lebih maju dibanding NatunaAnambas. Mendiang Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden RI, Mei 1998 – Oktober 1999).

Proyek megasuperblok Meisterstadt merupakan kerja sama antara PT Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL) dengan keluarga mendiang BJ Habibie. Proyek yang menghabiskan dana sekitar Rp14 triliun ini telah menyelesaikan beberapa bagian.

“Pak Habibie fokus pada pembangunan Batam dan Natuna. Tapi (roda pembangunan) Batam berjalan lebih cepat. Sebaliknya, Natuna lambat,” ujarnya.

Hal ini karena beberapa kendala, salah satunya letak geografis yang jauh. Selain Batam langsung jadi badan otoritas. Natuna tidak berupa langsung berstatus otorita.

“Saya lahir di Natuna, sekolah singkat di Batam. Masa sekolah di Batam. Sudah lulus, balik ke Natuna,”

“Sehingga saya terus bekerja keras untuk promosi Natuna, terutama wisatanya. Seluruh masyarakat bisa update potensi Natuna, melalui social media termasuk Instagram,” kata Kiki Firdaus. *** Liu.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Mangkir, KPK panggil Ulang Karim Abidin Eks Kabag Keuangan Benou Taka

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.
Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi

Pantausidang, Jakarta – Tim penyidik komisi pemberantasan korupsi (KPK) terpaksa memanggil ulang dua saksi pejabat daerah terkait pengembangan kasus dugaan korupsi dana penyertaan modal Perumda Penajem Paser Utara pada 2019 -2021, Selasa (6/12/2022).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada keterangan tertulis yang diterima pantausidang.com mengatakan, sedianya dua saksi diperiksa pada senen (5/12/2022).

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.

“ Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi, dan segera kami akan panggil ulang,” ujarnya.

Diberitakan, kasus diduga bermula ketika Pemkab Penajam Paser Utara mengagendakan beberapa proyek Di Dinas PUTR dan Dispora tahun 2021 lalu.

Proyek tersebut diantaranya, proyek multiyears peningkatan jalan Sotek – Bukit Subur dan pembangunan gedung perpustakaan dengan total kontraj mencapai Rp.112 miliar.

Diduga atas proyek tersebut Bupati Abdul Gafur Mas’ud memerintahkan PLT Setda Muliadi, agar para kontraktor memberi uang pelicin melaui para kepala dinas tersebut.


Disebutkan uang uang tersebut diantaranya dikumpulkan di rekening bendahara umum DPC Demokrat Nur Afifah Balqis.*** Red (Laporan Syrudatin).

Continue Reading

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”


Continue Reading

Ragam

Kota Medan Siap Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2023

Pantausidang, Medan – Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diselenggarakan pada tanggal 9 Februari, didasari dengan lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, dan telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pers Indonesia sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Untuk Peringatan HPN tahun 2023 mendatang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN adalah kota Medan.

Ketua HPN, H Mirza Zulhadi mengatakan bahwa penyelenggaraan HPN di kota Medan mendatang, tetap mengagendakan beberapa program seperti seminar pers.

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,744,234
Kasus
6,649,012
Meninggal Dunia
627,514,736
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450