Connect with us

Ragam

Fraksi Golkar minta Penggunaan APBD 2023 Rp. 7,86 Triliun Tepat Sasaran dan Efisien

Fraksi Golkar DPRD Medan memberikan pendapat agar penggunaan APBD lebih efisien dan efektifitas sehingga pelayanan publik dapat ditingkatkan dan tepat sasaran

Pantausidang, Medan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan bersama Pemerintah Kota (Pemko) Medan telah mensahkan Anggaran Pendapatan Belanja Dartah (APBD) Pemko Medan Tahun 2020 sebesar Rp7,86 Triliun lebih.

Sebelum pengesahan, Fraksi Golkar DPRD Medan memberikan pendapat agar penggunaan APBD lebih efisien dan efektifitas sehingga pelayanan publik dapat ditingkatkan dan tepat sasaran.

Seperti yang disampaikan sekretaris Fraksi Golkar DPRD Medan Modesta Marpaung SKM (foto) dalam pendapat Fraksinya agenda pengesahan APBD TA 2023 saat rapat paripurna di gedung DPRD Medan, Selasa (22/11/2022).

Menurut Modesta, Fraksi Golkar sangat mengapresiasi Pemko Medan atas kenaikan yang terjadi dari sisi pendapatan daerah. Pihaknya berkeyakinan bahwa peningkatan penerimaan tersebut dapat ditingkatkan lagi.

“Terkait anggaran belanja yang mengalami pengurangan atau pergeseran untuk tidak sampai mengganggu kualitas prasarana dan sarana pelayanan publik yang sangat dibutuhkan. Karena pada prinsipnya pengurangan dan pergeseran sesungguhnya dimaksudkan adalah dalam rangka efisiensi dan efektifitas anggaran,” ujarnya.

Fraksi Golkar menyebut terkait tantangan pembangunan Kota Medan ke depan akan semakin kompleks apalagi dengan kemungkinan terjadinya resesi ekonomi dunia yang tentunya juga akan berdampak signifikan.

Modesta Marpaung mengingatkan agar lebih meningkatkan dan dapat menggali potensi-potensi baru guna menambah pendapatan dan menutup kebocoran diberbagai sektor.

“Dalam hal itu, Fraksi Golkar kembali menekankan berbagai masukan kepada Pemko Medan agar serius untuk melakukan penggalian sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), dengan melakukan inovasi dan terobosan, namun tidak menjadi beban baru bagi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, Fraksi Partai Golkar berharap agar Pemko Medan serius untuk melakukan penanganan banjir melalui program- program yang signifikan dan nyata untuk mengatasi persoalan banjir di sebagian besar wilayah Kota Medan.

“Fraksi Golkar berharap APBD Tahun 2023 mampu mendorong kemandirian ekonomi dan daya saing, upaya penanggulangan kemiskinan, pelestarian sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan hidup.

Penanggulangan bencana dan penataan ruang, peningkatan pariwisata dan budaya, pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta mewujudkan birokrasi dan tata kelola yang baik dan bersih,” urainya.

Modesta menambahkan kepada OPD pengguna anggaran, Fraksi Partai Golkar meminta agar pola penyerapan anggaran dilakukan dalam gerak yang berimbang , proporsional dan kontinyu.

“Pemko Medan harus melakukan evaluasi terhadap kinerja opd di lakukan secara kontinyu dengan melakukan kebijakan manajemen secara profesional melalui peningkatan kualitas SDM dan pemanfaatan teknologi tepat guna,” ucapnya.

Disampaikan, adapun realisasi pendapatan dan belanja daerah Kota Medan Tahun Anggaran 2023 yakni Pendapatan daerah Rp7.271.065.208.056 (Tujuh Triliun dua ratus tujuh puluh satu miliar enam puluh lima juta dua ratus delapan ribu lima puluh enam rupiah)

Sedangkan belanja daerah Rp7.868.865.208.056,-(Tujuh Triliun delapan ratus enam puluh delapan miliar delapan ratus enam puluh lima juta dua ratus delapan ribu lima puluh enam rupiah). Dan pembiayaan penerimaan Rp597.800.000.000 (lima ratus sembilan puluh tujuh miliar delapan ratus juta rupiah).

Diakhir pendapat Fraksinya, Modesta menyampaikan maka Fraksi Partai Golkar menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Medan Tahun Anggaran 2023 untuk dijadikan Peraturan Daerah.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Medan, Hasyim SE didampingi Wakil Ketua, Rajudin Sagala, T Bahrumsyah dan para anggota dewan.

Hadir juga Sekwan DPRD Medan M Ali Sipahutar, Plt Kabag Persidangan DPRD Medan Andreas Willy Simanjuntak.

Sedangkan dari Pemko Medan dihadiri Walikota Medan M Bobby Afif Nasution, Wakil Walikota Aulia Rachman, Sekda Pemko Medan Wiria Alrachman dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan serta perwakilan Forkom.*** Diurnawan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Bermarga Sidabutar

Pantausidang, Samosir – Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menyandang marga Sidabutar. Peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar dilakukan lewat upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (26/11/2022).

Acara peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar, merupakan rangkaian kegiatan dari Menteri BUMN Erick Thohir, pada acara Tao Toba Heritage Fest untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba.

Dalam kesempatan itu, Erick mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak, bangsa yang terkenal kaya akan budaya, penuh sejarah dengan masyarakat kekeluargaan yang kerja keras.



“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” ujarnya.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai keluarga,” ungkapnya.

Rangkaian acara diawali dengan kebaktian lalu mangalahat horbo dipadu iringan tor tor. prosesi dihadiri keluarga Sidabutar di Tomok.

Orangtua Angkat Erick, Harry Boss Sidabutar sekaligus ketua panitia Tao Toba Heritage Fest mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Menteri BUMN itu telah memilih Sidabutar menjadi marganya.

“Saat ini Erick telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke 4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga Marga Sidabutar ke 8” katanya.

Sementara itu,Ketua Umum Pospera,Mustang Bonaventura Manurung dalam kata sambutan nya menyampaikan sejak hari ini Erick Thohir harus menambahkan marga di namanya.

“Menteri harus memanggil saya tulang, dan Erick merupakan bere saya” jelasnya.

Acara mangain anak ini juga turut dihadiri Sekjen Pospera, Adian Napitupulu, Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan sejumlah staff BUMN.

Usai dilakukan upacara adat pengangkatan anak dan pemberian marga, dilakukan juga mangalahat horbo, dimana merupakan ritual tertua suku batak toba. Mangalahat horbo merupakan ritual agung suku batak dan bentuk rasa sukur kepada leluhur.

Di akhir Erick Thohir Sidabutar, mengatakan sebagai orang batak dirinya akan membangun kampung halaman nya Samosir.

“Nanti kita akan bangun museum batak di Samosir,guna kemajuan pariwisata yang ada disini” katanya. *** Diurnawan

Continue Reading

Ragam

Soal Tudingan Miring, Kabareskrim : Kematian Brigadir Yoshua Aja Mereka Tutupi

Pantausidang, Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto akhirnya bersuara terkait testimoni Aiptu Ismail Bolong dan beredarnya LHP DivPropam yang menyebut dirinya menerima setoran dari hasil tambang ilegal di Kalimantan Timur, Jumat (25/11/2022).

Melalui keterangan tertulisnya kepada awak media, Komjen Agus menyampaikan tanggapannya terkait isu yang beredar di ruang publik yang menyeret namanya.

“Saya ini penegak hukum, ada istilah bukti permulaan yang cukup dan bukti yang cukup, maklum lah kasus almarhum Brigadir Yoshua aja mereka tutup-tutupi”, ujarnya.

Continue Reading

Ragam

Polda Sumut Salurkan 10.000 Paket Bansos Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Pantausidang, Medan – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) akan menyalurkan 10.000 paket bansos dari Kapolri dan Kapolda Sumut kepada masyarakat yang kurang mampu.

Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan paket sembako dari Kapolri yang akan disalurkan berupa beras dan sembako tambahan dari Kapolda Sumut.

“Polda Sumut telah menyalurkan bantuan sosial dari Kapolri berupa beras dan dari Kapolda Sumut sembako tambahannya seperti gula, minyak goreng dan mie instan,” ujar Hadi, Jumat (25/11/2022).

Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

646,070,091
Kasus
6,636,146
Meninggal Dunia
624,579,855
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,650,244
  • Meninggal Dunia: 159,676
  • Sembuh: 6,429,987