Connect with us

Ragam

KPPU dan Dinas Ketahanan Pangan Medan Sidak Stok Minyak Goreng

Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU) Kanwil I Medan kembali melakukan sidak terkait ketersediaan stok minyak goreng

Pantausidang, Jakarta -Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU) Kanwil I Medan kembali melakukan sidak terkait ketersediaan stok minyak goreng dan pendistribusiannya di Kota Medan, Sabtu 19 Maret 2022.

Sidak yang dilaksanakan bersama Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan dan Polrestabes Kota Medan bertujuan untuk mengurai jalur distribusi minyak goreng mulai dari produsen hingga distributor, agar dapat diketahui dimana terjadi hambatan supply minyak goreng ke pasar.

Di level produsen, tim melakukan sidak ke PT Musim Mas yang berada di Jalan Kol. Yos Sudarso.

Hasil dari pantauan tim, di gudang produsen terdapat kurang lebih 1 juta liter minyak goreng kemasan premium dengan merk Sunco dan 30rb liter minyak goreng kemasan sederhana dengan merk M&M.

Sementara kapasitas produksi perusahaan kurang lebih 170 ribu liter per hariuntuk premium dan 80rb liter per hari untuk kemasan sederhana.

Berdasarkan hasil pantauan tersebut, KPPU akan mendalami kembali data dan Informasi yang disampaikan oleh Musim Mas, mengingat stok minyak goreng premium yang ditemukan di gudang jauh lebih besar daripada yang sederhana.

“Hasil pantauan di gudang sejalan dengan kondisi di lapangan akhir-akhir ini dimana minyak goreng merk terkenal seperti Sunco susah ditemukan di pasar dibandingkan dengan minyak goreng kemasan sederhana, bahkan muncul merk-merk baru yang sebelumnya kurang dikenal di masyarakat” ujar Ridho, Kepala Kanwil I KPPU.


Berdasarkan keterangan dari pihak Musim Mas, selama ini mereka tidak mendapatkan pasokan CPO yang dialokasikan dari DMO. Seminggu sebelumnya, Musim Mas membeli pasokan CPO dengan harga lelang sebesar Rp.15.816/liter.

Minyak goreng dari Musim Mas didistribusikan melalui PT. Wahana Tirtasari selaku distributor tunggal, yang juga merupakan perusahaan yang terafiliasi dengan PT Musim Mas. Dari PT. Wahana Tirtasari, minyak goreng didistribusikan ke distributor level 2, salah satunya ke PT Andalan Prima Indonesia atau API.

Laman: 1 2

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Facebook

Advertisement

Tag