Connect with us

Ragam

Ini dia 11 perusahaan yang diduga manfaatkan pejabat pajak yang korup

Mereka mengelabui petugas pajak hanya keluar Rp 5 milar atas pajak Bank Panin yang seharusnya pajak Rp.900 miliar menjadi Rp.300 miliar bahkan mentargetkan Rp.0

Pantausidang, Jakarta – Dakwaan jaksa penuntut umum KPK setidaknya menyebut 11 pihak yang memanfaatkan petugas pajak yang korup guna mengemplang pajak atas usahanya.

Dari berbagai sektor usaha perusahaan tersebut memanfaatkan peluang memanipulasi pajaknya dari sektor perkebunan kelapa sawit, petambangan, Perbankan, bahkan media telekomunikasi.

Hanya mengeluarkan sedikit prosentase kepada oknum korup tersebut membuat kewajiban pajaknya menjadi sangat ringan sebut Bank Panin, sang pemilik Mukmin Ali Melaui orang kepercayaannya Veronika Lindawati.

Mereka mengelabui petugas pajak tersebut hanya membayar Rp 5 milar atas pajak Bank Panin yang semula harus membayar pajak Rp.900 miliar menjadi Rp.300 miliar bahkan mentargetkan bayar pajaknya Rp.0,-.

Selain itu juga memanfaatkan perantara konsultan pajak, seperti yang dilakukan oleh PT Gunung Madu Plantations.

Adapun dalam dakwaan Jaksa kepada pejabat pajak mantan direktur pajak Angin Prayitno Adji beserta Timnya setidaknya 11 perusahaan tersebut menyetor fee kepada para oknum tersebut hanya bermodalkan total Rp 15 miliar dan 4 juta dolar Singapura.

Plus gratifikasi yang diterima oleh Wawan dan Alfred Rp 2,4 miliar per orang

Total kewajiban pajaknya sejauh ini masih abu2 karena angka yang di ajukan oleh pemeriksa juga terkesan hanya formalitas bahwa perusahaan perusahaan tersebut telah membayar pajak dan berhak mengeruk kekayaan alam sepuasnya.

Ini seperti yang diilustrasikan pada dakwaan atas pemeriksaan pajak PT Jhonlin Baratama sebuah perusahaan angkutan tambang batubara yang digunakan sebagai tameng atas perusahaan pengelola tambangnya.

Berikut perusahaan yang memanfaatkan petugas pajak yang diduga korup tersebut seperti tertera dalam dakwaan pada supervisor pajak Wawan Ridwan dan Ketua Tim Riksa Pajak DJP Gatsu Kemenkeu Alfred Simanjuntak.

1. PT Gunung Madu Plantations
2. PT Bank Panin Tbk
3. PT Jhonlin Baratama.
4. PT Saung Brantas Energi
5. PT Rigunas Agri Utama
6. CV Perjuangan Steel
7. PT Indolampung Perkasa
8. PT. Esta Indonesia
9. Ridwan Pribadi
10. PT Walet Kembar Lestari
11. PT Link Net

Baca Juga Dakwaan Wawan Ridwan

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ragam

Tena Medan Bakal Tampil di Pentas Seni Budaya Etnis Indonesia, Waduk Jatiluhur Jabar

Pantausidang, Jatiluhur – Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap jetski yang bertajuk Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia 2023. Event ini akan berlangsung pada 9-12 Maret 2023 di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Sanggar Teater Nasional ( Tena) Medan pimpinan Baharuddin Saputra mendapat kehormatan dari PT.Big Brother dipercaya untuk menampilkan Pergelaran tari Etnik Nusantara dari Aceh- Papua pada acara pbukaan dan penutupan event tersebut.

Direktur Utama PT Big Brother Indonesia, Ivan Karen Andrian mengatakan, gelaran kejuaraan dunia jetski ini akan menjadi yang pertama kalinya di Indonesia sejak didirikan pada tahun 1992.

Continue Reading

Ragam

Mangkir, KPK panggil Ulang Karim Abidin Eks Kabag Keuangan Benou Taka

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.
Kedua saksi tidak hadir tanpa ada konfirmasi

Pantausidang, Jakarta – Tim penyidik komisi pemberantasan korupsi (KPK) terpaksa memanggil ulang dua saksi pejabat daerah terkait pengembangan kasus dugaan korupsi dana penyertaan modal Perumda Penajem Paser Utara pada 2019 -2021, Selasa (6/12/2022).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada keterangan tertulis yang diterima pantausidang.com mengatakan, sedianya dua saksi diperiksa pada senen (5/12/2022).

Mereka adalah Karim Abidin eks Kabag. Keuangan Perumda Benou Taka, dan Dwi Mega Yanti selaku Kabag Keuangan PBTE.

Continue Reading

Ragam

Ketua Komnas Ham Apresiasi Kejagung usut Kasus Kasus HAM berat Papua yang Mangkrak 15 Tahun

Pantausidang, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan silaturahim dari Ketua Komnas Ham ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) Atnike Nova Sigiro, Selasa 6 Desember 2022.

Bertempat di Menara Kartika Adyaksa Ketua Komnas HAM menyampaikan, sejak bekerja pada 14 November 2022, Komnas HAM telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa stakeholders guna membahas isu prioritas seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang terkait langsung dengan tugas-tugas Kejaksaan RI saat ini.

“Untuk membangun komunikasi yang baik, kedepan kita akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka koordinasi di masa mendatang.”


Continue Reading

Facebook

Tag

Covid-19

Worldwide

650,798,434
Kasus
6,649,201
Meninggal Dunia
627,516,863
Sembuh
Indonesia
  • Terkonfirmasi: 6,686,181
  • Meninggal Dunia: 160,071
  • Sembuh: 6,478,450